75 KELOMPOK TANI DAPAT BANTUAN

BANDA ACEH – Sebanyak 75 kelompok tani yang tersebar di 14 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, mendapat bantuan bibit tanaman dan peralatan guna mendukung produksi pertanian di daerah itu.

Bantuan yang berasal dari dana aspirasi anggota DPR Aceh dari Partai Demokrat asal daerah pemilihan Kabupaten Bireun, Aceh Tengah dan Bener Meriah itu secara simbolis diserahkan Bupati Nasaruddin di Takengon, tadi malam.

Bantuan yang diserahkan berupa herbisida sebanyak 1.833 liter, insektisida 1.563 liter, benih tomat 588 sachet, benih cabe 1.266 sachet, kemudian mulsa 582 gulung, pupuk NPK 8.636 Kg, bibit kentang 7.600 Kg, bibit bawang merah 1.000 Kg, bibit padi 5 ton dan hand traktor plus trailer 2 unit.

Bupati berharap agar bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik, yakni bisa menghasilkan produksi yang maksimal.

Nasaruddin mengatakan, sebelumnya ada pihak partai politik yang memiliki kontribusi untuk mambantu benih pertanian dan peralatan, seperti yang dilakukan oleh Partai Demokrat.

“Sebelumnya PKPI pernah memberikan bantuan kepada petani di Aceh Tengah. Kita harapkan kontribusi pihak lain dalam mengembangkan produksi pertanian di daerah ini,” ujarnya.

Dikatakan, masyarakat tidak melihat dari mana pihak tersebut berasal, dan kepentingan apa yang memboncenginya, sejauh tidak merugikan kepentingan petani, dan memberikan kemanfaatan akan diterima.

Nasaruddin selaku mantan penyuluh pertanian sangat memahami kebutuhan petani di tingkat bawah, sehingga sekecil apapun bantuan yang diberikan akan sangat membantu dalam mengembangkan produksi pertanian.

Bantuan tersebut, katanya, tidak serta merta diserahkan begitu saja, namun bantuan benih dan peralatan yang diberikan dalam penggunaannya didampingi oleh penyuluh pertanian yang bertugas di masing-masing wilayah kelompok tani bekerja.

Kabupaten Aceh tengah yang berada di atas 1.500 meter dari permukaan laut itu merupakan daerah potensial untuk mengembangan tanaman hortikultura, selain kopi Arabika.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *