PETANI BUTUH SUNTIKAN MODAL DARI PERBANKAN

MedanBisnis – Panyabungan. Masih segar dalam ingatan kita bahwa Madina sejak beberapa tahun silam dikenal sebagai salah satu daerah swasembada pangan (beras) di Sumatera Utara. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan penduduk yang semakin banyak membuat hal tersebut memiliki banyak tantangan, di antaranya kurangnya lahan pertanian akibat tingginya alih fungsi lahan menjadi kawasan pemukiman dan lain sebagainya.
Dan, untuk mencegah kian menyempitnya lahan pertanian, maka Dinas Pertanian dan Peternakan Madina menempuh berbagai upaya, sehingga predikat swasembada pangan dapat dipertahankan. Di antaranya dengan mengefektifkan pemakaian pupuk dan obat-obatan serta menertibkan musim tanam. Selain itu melakukan insentifikasi, eksentifikasi dan disertifikasi.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Madina Taufik Zulhandra Ritonga, kepada wartawan, Kamis (10/11) di Panyabungan, mengatakan, sektor permodalan sangat memengaruhi peningkatan produksi pertanian. “Peran perbankan merupakan hal penting dalam peningkatan hasil-hasil pertanian apalagi untuk permodalan, sehingga petani bisa bergairah dalam usahanya,” jelasnya.

Selama ini, kata dia, yang menjadi kendala bagi para petani adalah kurangnya modal untuk membeli obat-obatan dan pupuk. “Jadi, pihak perbankan sangat diharapkan bisa memberikan kredit lunak kepada petani. Apalagi hingga saat ini masih tiga kelompok tani yang baru mendapatkan bantuan permodalan dari Bank Sumut,” jelas Taufik Zulhandra.

Pihaknya juga, kata dia, terus mencari peluang kerja sama dengan berbagai pihak seperti penangkaran benih seluas 40 hektare yang berlokasi di Gunung Tua Lumban Pasir dan Panyabungan Jae atas kerja sama dengan BATAN. Adapun jenis bibit yang ditangkar adalah varietas Mira 1 dan varietas Lestari.

Selanjutnya bantuan pascapanen yang diserahkan pada kegiatan panen raya baru-baru ini berupa handtractor, power treaser, dan sabit bergerigi yang diberikan kepada beberapa kelompok tani dan ini merupakan bantuan dari propinsi serta pusat.  (zamharir rangkuti)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *