KADAR GETAH PETANI KARET LABUHANBATU RENDAH

MedanBisnis – Labuhanbatu. Rendahnya kadar getah lumb mangkok produksi perkebunan karet milik petani Labuhanbatu mengakibatkan harga jual yang juga rendah. Bahkan pihak industrial hanya menaksir sekira 50%-55% dari berat getah per kg-nya.
“Potensi penyusutannya tinggi, kisaran 55%,” ungkap Humas PT Rubber Hocklie, Jhon kepada MedanBisns, Kamis (10/11) di ruang kerjanya.

Menurutnya, tingkat kandungan air dan kekentalan getah serta kebersihan kandungan getah menjadi faktor utama penentuan taksiran yang dilakukan. Semakin kering kondisi getah, maka akan menaikkan nilai taksiran getah.

“Untuk Labuhanbatu taksiran kadar getah tertinggi didapat dari perkebunan karet masyarakat yang berada di wilayah-wilayah kawasan yang tinggi. Semisal, di daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Padang Lawas Utara. Daerah Padang Rapuan dan sekitarnya, kadar taksiran getahnya relatif tinggi,” ujarnya.

Untuk PT Rubber Hoclie, tambah dia, membuka nilai beli getah petani karet seharga Rp 30.000 an per kg. Pihaknya, dengan kemampuan olahan getah karet 80 ton perhari hanya dapat menampung getah rakyat rata-rata 40 ton perhari. “Hanya kisaran 40 ton perhari warga yang memasok getah ke kita (Rubber Hocklie-red),” ujarnya.

Sementara itu, Rizki salah seorang penampung getah karet menyebutkan, untuk membeli getah harus memiliki ilmu khusus. Sebab, jika terjadi kesalahan perhitungan akan menyebabkan kerugian. “Kita harus bisa melakukan taksiran kadar getah. Dan, kemampuan menaksir kadar getah sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Misalnya saja, lanjut dia, untuk getah ukuran 4 ton, tidak tertutup kemungkinan akan terjadi penyusutan selama dalam perjalanan dari lokasi pengumpulan ke lokasi industri. “Dari 4 ton kemungkinan bisa menjadi 3,2 ton,” ungkapnya.

Selain itu, paparnya, kadar getah juga sangat berpengaruh. Sebab, dengan kadar 55%, maka kalkulasinya, dari getah seberat 3,2 ton hanya menghasilkan 1,7 ton getah kelas 1 dan sisanya 1,2 ton getah kelas 2.  ( fajar dame harahap)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *