DEKRANASDASU LAKSANAKAN PELATIHAN AKSESORIES DAN MARAMBANG MANIK-MANIK

Medan, (Analisa). Peningkatan kualitas karya pengrajin harus terus menerus dilakukan guna mampu menembus segmen pasar karya produksi para pengrajin. Untuk itu sangat penting bagi pengrajin menambah wawasan dan ketrampilan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan. Untuk itulah Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumatera Utara (Dekranasdasu) melaksanakan berbagai pelatihan yang mengikutsertakan para pengrajin yang berasal dari berbagai Kabupaten/Kota di Sumatera Utara .
Demikian dikemukakan Ketua Dekranasdasu Ny Hj Fatimah Habibie Syamsul Arifin dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Dekranasdasu Hj Vita Lestari Nasution saat membuka Pelatihan Aksesories dan Merambang Manik-Manik di Aula Gedung Balai Bapemas dan Pemdes Provsu, Selasa (8/11).

“Maksud dan tujuan lain dari program kerja Dekranasdasu ini adalah agar peserta pelatihan memiliki ketrampilan untuk membuat aksesories dan merambang manik-manik serta mampu berkreasi mendesain aksesories dengan bahan baku sederhana sekalipun. Mulai dari pembuatan kalung, gelang, giwang, hiasan baju, sepatu, ulos dan perangkat adat istiadat lainnya,” jelas Vita Lestari.

Ditambahkannya, hal ini akan menjadi peluang bagi pengrajin untuk menghasilkan produk yang dapat menjadi suatu barang bernilai jual tinggi. Sebab itu kepada peserta agar serius mengikuti pelatihan supaya menjadi pengrajin yang inovatif dan berdedikasi tinggi dan mampu menciptakan lapangan kerja dalam keluarga.Hal ini juga jika dilakukan terus menerus dapat meningkatkan perekonomian daerah asal masing-masing.

Dilaporkan Ketua Penyelenggara, Nursuciaty, kegiatan yang dilaksanakan sejak 8-12 November tersebut diikuti 40 pengrajin dari Kota Medan, Binjai, Tebing Tinggi, Pematang Siantar serta dari Kabupaten Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakphak Bharat, Serdang Bedagai, Asahan, Batubara, Labuhan Batu, Tobasa, Tapanuli Utara, Humbahas, Tapanuli Selatan dan Padang Lawas Utara.

Pelatihan dilaksanakan selama lima hari tersebut didukung instruktur yang berpengalaman di bidang aksesories biding dan zelig aksesories Hendry dan ahli merambang manik-manik dari Sipirok Jena Siregar. (ss)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *