PEMBERIAN DATA LEWAT HP BERDAMPAK POSITIF BAGI PETANI

MedanBisnis – Medan. Pemberian hand phone (HP) oleh Dinas Pertanian Sumatera Utara (Distan Sumut) kepada petugas informasi pasar, pelaku usaha, dan gapoktan di seluruh kabupaten/kota berdampak positif bagi para petani.
“Dengan alat teknologi informasi ini, Distan Sumut  bisa memperoleh data yang akurat dan up to date dari para petani,” kata Sekretaris Distan Sumut, Lukmanul Hakim kepada MedanBisnis, Rabu (9/11) di Medan.

Dikatakannya, selama ini pengiriman data yang ada dikirim melalui kartu pos atau kartu monitoring harga. Dan, untuk memperoleh data tersebut biasanya dibutuhkan waktu hampir setengah bulan. “Maka dengan adanya Hp ini para petani dapat mengirim data dengan cepat, akurat, dan up to date,” katanya.

Kecepatan datangnya data dari petani menurut Lukmanul, sangat dibutuhkan oleh staf informasi pasar Distan Sumut, utamanya masalah data harga untuk mengetahui tingkat inflasi di daerah. Dan, untuk perkembangan data harga  ini harus dikirim secepat mungkin guna mengantisipasi adanya ketidakstabilan harga antara kabupaten yang satu dengan yang lainnya.

Ditambahkannya, program tersebut sudah terlaksana sejak 3 tahun lalu dengan tujuan untuk mensinkronkan kegiatan penyelenggaraan penstatistikan dan sistem informasi pertanian di tingkat pusat maupun daerah, yang meliputi pengembangan dan penyempurnaan metode pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian statistik pertanian serta meningkatkan kualitas SDM dalam bidang statistik dan sistem informasi pertanian.

“Akses informasi pasar dan teknologi pertanian merupakan unsur yang sangat penting untuk kelangsungan usaha tani. Informasi pertanian  yang memadai dan tepat waktu dapat digunakan sebagai dasar strategi penguasaan pasar dan dasar perencanaan serta pertimbangan untuk pengembangan usaha tani lebih lanjut,” ujarnya. (n cw 03)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *