DISTAN SUMUT ADAKAN APRESIASI TEKNOLOGI PRODUKSI BUAH

MedanBisnis – Medan. Salah satu upaya mendukung peningkatan produksi buah di Sumatera Utara (Sumut), diperlukan petugas yang handal dan menguasai teknolgi anjuran dalam melakukan pengawalan dan pendampingan petani di tingkat lapangan. Karenanya, Dinas Pertanian (Distan) Sumut memberikan Apresiasi Teknologi Peningkatan Produksi Buah di Hotel Grand Antares, Medan, Kamis (10/11).
Kepala Seksi Fasilitas Benih dan Paket Teknologi Bidang Hortikultura, Distan Sumut, Salomon Hutagalung, mengatakan pertemuan untuk memberikan pembekalan-pembekalan teknologi  dalam membina dan melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tani.

“Apresiasi tersebut untuk empat komoditas buah diantaranya manggis, durian, semangka, dan rambutan dengan harapan dapat meningkatkan produksi buah serta memenuhi persyaratan untuk bisa diekspor,” katanya.

Acara yang diikuti petugas lapangan kabupaten/kota, para Gapoktan, pengamat hama dan pelaku eksportir buah menghadirkan nara sumber yakni dari BPTP Sumut dan Balai Benih Induk (BBI) Gedung Johor Medan.

Peneliti Madya Bidang Hortikultura BPTP Sumut, Palmarum Nainggolan, dalam keterangannya membahas mengenai penelitian buah manggis. Bahaya yang perlu diawasi pada buah manggis yakni adanya getah kuning, karena jika ada getah kuning akan berdampak pada rendahnya nilai atau mutu yang mengakibatkan gagalnya buah tersebut untuk di ekspor.

Selain itu, Kepala Seksi BBI Gedung Johor Medan, Yovi, untuk menembus pasar ekspor harus dilakukan sertifikasi. “Dari pelaksanaan apresiasi ini diharapkan adanya kesamaan persepsi dan sudut pandang terhadap peningkatan produksi buah sehingga pada saat implementasi program bisa dilaksanakan dengan kesatuan pemahaman dan kesatuan langkah kebijakan,” ujar Salomon.  (cw 03)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *