PEMKOT PADANG SANTUNI RP120 JUTA JANDA PERINTIS KEMERDEKAAN

Padang ( Berita ) :  Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat,  bersama Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LK2S) Kota Padang,  menyantuni 80 janda perintis kemerdekaan dalam memaknai Hari Pahlawan tahun 2011.

Wali Kota Padang, Fauzi Bahar disela upacara peringatan Hari Pahlawan, di Padang, Kamis [101/11] mengatakan santunan yang diberikan tersebut antara lain berupa bantuan dana peningkatan kesehatan sebesar Rp1,5 juta per orang dari Kementerian Sosial RI total sebesar Rp120 juta.

“Santunan tersebut bisa diambil oleh para janda perintis kemerdekaan di PT Pos Indonesia. Bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk penghargaan  karena para suami mereka telah berjuang tanpa pamrih dalam mempertahankan kemerdekaan,” katanya.

Selain santunan biaya kesehatan, para janda perintis kemerdekaan itu juga memperoleh bantuan susu, kacang hijau, gula, dan teh.

Menurut Fauzi, sikap dan perilaku para pahlawan yang rela berkorban dan memiliki jiwa  kesetiakawanan sosial yang tinggi itu pada dasarnya merupakan nilai budaya bangsa untuk membangun karakter bangsa berdasarkan Pancasila dalam bingkai NKRI.

Untuk  menumbuhkembangkan nilai kepahlawanan sebagai modal sosial tersebut perlu diimpelementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Khususnya, katanya lagi, dalam mengatasi berbagai masalah bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana alam dan masalah-masalah sosial lainnya.

“Peringatan Hari Pahlawan tahun 2011 yang bertemakan ‘dengan semangat kepahlawanan kita bangun karakter bangsa’, hendaknya dapat menjadi momentum untuk terus melestarikan dan mendayagunakan sikap dan perilaku para pahlawan tersebut,” katanya.

Rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2011 juga dilakukan ziarah kubur di Taman Makam Pahlawan Kuranji dan TMP Kapalo Koto, Kecamatan Pauh, Kota Padang, yang diikuti Muspida Kota Padang, Kepala SKPD Pemkot Padang, Muspika Kecamatan, PNS Kota Padang, LSM dan masyarakat.  ( ant )
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *