75 BALITA DAN ANAK TERLANTAR DI SERGAI TERIMA BANTUAN

Sei Rampah, (Berita) : Tidak kurang dari 75 balita dan anak terlantar di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menerima bantuan yang diserahkan langsung Bupati Sergai Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si pada acara bulan Balita ke-29 dan Bina Generasi Muda/Remaja (BGMR) sekaligus pencanangan pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Sergai di Aula Sultan Serdang kompleks kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (9/11).

Turut hadir pada acara tersebut Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry, Ketua DPC GOPTKI Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Kadis Sosial, Tenaga Kerja dan Koperasi H. Karno S. SH, M.AP, Kadis Pertanian dan Peternakan Setyarno, SP, Kabag Humas Drs. H. Mariyono, SP, para Camat se-Kabupaten Sergai, para Ketua dan pengurus TP PKK kecamatan se-Kabupaten Sergai serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si mengatakan bahwa hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan SDM seutuhnya dimana untuk mewujudkan manusia Indonesia yang berkualitas baik fisik, psikologis, cerdas, bertaqwa, mandiri dan dinamis harus dimulai sejak usia dini bahkan sejak dalam kandungan dimana usia lima tahun kebawah merupakan usia golden age.

Upaya tersebut diharapkan dapat menghantarkan para generasi penerus tampil secara prima melanjutkan pembangunan bangsa ini meskipun kita harus menghadapi banyak tantangan diantaranya di bidang kesehatan, antara lain menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu dan anak, masalah kurang gizi dan HIV/AIDS. Selain itu juga tantangan sosial seperti penyalahgunaan narkoba, kekerasan dalam rumah tangga, trafficking yang semuanya sangat membahayakan perkembangan jasmani dan rohani anak-anak kita, ungkap Bupati Sergai H.T. Erry Nuradi.

Lebih lanjut Bupati Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si mengungkapkan bahwa TP PKK Sergai juga memiliki banyak program yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan bayi, balita dan generasi muda/remaja. Untuk itu perlu terus dikembangkan program posyandu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), program Bina Keluarga Balita (BKB), KB, penyuluhan menyangkut pencegahan narkoba dan kenakalan remaja.

Seluruh jajaran lintas sektoral yang terkait baik PKK, BPPAKB dan Dinas Kesehatan Sergai bersama-sama masyarakat dapat memanfaatkan momentum kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Pemerintah Sergai juga terus berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memeperoleh pelayanan yang berkualitas berupa pembangunan Poskesdes, jamkesmas, mobil unit penerangan dan pelayanan KB yang siap mengunjungi masyarakat ke desa-desa, jelas Bupati Sergai.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry dalam kesempatan yang sama mengatakan penyelenggaraan bulan Balita ke-29 dan Bina Generasi Muda/Remaja sekaligus Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Sergai tahun 2011 ini merupakan kegiatan top down dalam memberikan perhatian kepada para balita dan remaja di Kabupaten Sergai

Ny. Hj. Evi Diana Erry juga mengajak kita semua untuk menjadikan penyelenggaraan kegiatan ini sebagai momentum untuk menyatukan derap langkah membangun desa/kelurahan dari mana saja keluarga itu berasal.

Sebelumnya Ketua GOPTKI Ny. Hj. Marliah Soekirman selaku ketua panitia melaporkan bahwa kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan yang diikuti 68 orang balita yaitu lomba bercerita cinta tanah air, menyusun lego, lomba anak memilih makanan 3B dan lomba menyanyi.

Selain itu lomba pidato pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), cipta Alat Permainan Edukatif (APE), membuat boneka horta dan melukis himbauan berolahraga yang diikuti 68 orang remaja. (fad).
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *