DISTAN SUMUT BANTU BENIH KEDELAI

MedanBisnis – Medan. Dinas Pertanian (Distan) Sumut  tahun ini akan memberikan bantuan benih kedelai gratis untuk lahan  seluas 5.400 hektare. Benih tersebut merupakan bantuan langsung benih unggul sekolah lapangan pengelolaan tanaman terpadu (BLBU SL-PTT) guna meningkatkan produksi kedelai Sumut menjadi 26.150 ton dari total luas areal 19.800 hektare.
Kepala Bidang Bina Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Sumut, Bonar Sirait, kepada MedanBisnis, Senin (7/9) mengatakan, bantuan benih untuk 5.400 hektare itu nantinya diperuntukkan bagi lahan tanaman petani di 10 kabupaten/kota yakni Kabupaten Asahan, Deli Serdang, Langkat, Mandailng Natal, Tapanuli Selatan, Serdang Bedagai, Padang Lawas, Labuhan Batu Utara, Batubara, dan Simalungun.

“Dinas Pertanian Sumatera Utara akan membicarakan masalah pemanfaatan lahan tidak terpakai kepada perusahaan perkebunan khususnya PTPN (PT Perkebunan Nusantara) yang ada di Sumut untuk penanaman kedelai yang menargetkan 26.150 ton kedelai,” ujarnya.

Penjajakan rencana kerja sama itu, berani dilakukan pihaknya karena sebelumnya ada pembicaraan Kementerian Pertanian dan Kementerian BUMN soal pemanfaatan lahan untuk tanaman pangan termasuk kedelai yang direncanakan sudah swasembada pada 2014.

Bonar mengatakan, bantuan terluas nantinya untuk petani di Langkat dan Deli Serdang dengan masing-masing seluas 1.000 hektare, disusul Kabupaten Serdang Bedagai 700 hektare. Sedangkan kabupaten lainnya mendapat luas antara 200 hektare sampai 500 hektare.

Diakuinya, secara nasional Sumut masih sangat tergantung dengan produk impor, mengingat dari kebutuhan Sumut yang sebesar 60.000 ton per tahun. “Untuk mewujudkan swasembada kedelai, memang sudah harus dipikirkan bagaimana menjaga harga jual yang menarik,” jelasnya. ( cw 03)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *