WALIKOTA SIBOLGA SERAHKAN DANA PUMP PERIKANAN BUDIDAYA

MedanBisnis – Sibolga. Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk kembali menyerahkan dana bantuan langsung masyarakat (BLM) dari program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) Perikanan Budidaya Kementerian Perikanan dan Kelautan RI tahun anggaran 2011. Besaran dana bantuan tersebut masing-masing sebesar Rp 100 juta kepada tiga kelompok usaha bersama (KUB) Budidaya Perikanan Sibolga, Selasa (1/11) di aula kantor Walikota Sibolga.
Walikota berharap, perekonomian nelayan menjadi lebih baik dan mandiri melalui pemanfaatan dana tersebut, karena program ini merupakan salah satu kesempatan emas bagi masyarakat terutama yang berusaha pada bidang budidaya ikan untuk meningkatkan taraf hidupnya.

PUMP perikanan, kata Syarfi Hutauruk, merupakan kegiatan pemberdayaan nelayan melalui fasilitas bantuan pengembangan usaha nelayan, sehingga mampu menumbuhkan kewirausahaan dan peningakatan kapasitas kelembagaan ekonomi nelayan dalam mengakses permodalan.

“Pemko Sibolga tetap berupaya meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Program ini merupakan sebuah harapan baru khususnya para nelayan yang tergabung dalam KUB untuk meningkatkan usaha dan perekonomiannya menjadi lebih baik,” ujar Syarfi.

Ia juga meminta penerima BLM PUMP Perikanan Budidaya tersebut untuk melaksanakan kegiatan usahanya dengan baik dan bertanggungjawab sesuai dengan pedoman teknis yang ditetapkan. Pemerintah telah menetapkan sistim reward and punishment terhadap pelaksanaan program ini.

“Jika berhasil, saya yakin, akan ada penambahan alokasi dana pada kesempatan berikutnya. Kami juga meminta kepada Dinas Perikanan Kelautan dan Peternakan untuk terus melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi atas kegiatan program tersebut sehingga berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Syarfi Hutauruk juga menjabarkan, berbagai program dan kegiatan telah dilakukan Pemko Sibolga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik melalui pemberian bantuan maupun kegiatan pendidikan dan pelatihan kepada pelaku usaha mikro dan kecil untuk memacu dan mendorong pertumbuhan industri rumah tangga di negeri berbilang kaum itu.

“Bagi kelompok nelayan lainnya yang belum memeroleh bantuan, kami harap untuk bersabar. Mudah-mudahan akan mendapatkan kesempatan yang sama pada tahun anggaran berikutnya, mengingat terbatasnya alokasi dana bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan,” tuturnya.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Sibolga Hendra Darmalius melaporkan, tahun ini Kota Sibolga memeroleh dana PUMP sebesar Rp 300 juta dari Kementerian Kelautan Perikanan RI melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya.

“Dana PUMP Perikanan Budidaya tersebut diberikan kepada tiga KUB Budidaya Perikanan di Sibolga masing-masing sebesar Rp 100 juta, yakni KUB Kelurahan Aek Parombunan, KUB Kelurahan Hutabarangan dan KUB Kelurahan Angin Nauli, yang telah dinyatakan lolos verifikasi oleh tim dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Sibolga sejak Maret 2011, sehingga dinyatakan berhak menerima bantuan tersebut,” ujarnya. (juniwan)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to WALIKOTA SIBOLGA SERAHKAN DANA PUMP PERIKANAN BUDIDAYA

  1. Pingback: Glo Carts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *