PRODUKSI GABAH PETANI LUMBAN PASIR CAPAI 7 TON PER HEKTARE

MedanBisnis – Panyabungan. Produksi gabah sejumlah petani di Saba Bondar Bariba Desa Lumban Pasir Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mencapai 7 ton per hektare pada musim panen kedua tahun ini.
“Kita mendapatkan panen yang cukup memuaskan dari panen sebelumnya. Sebab dari awal musim tanam kita sudah diberikan pemerintah bibit varietas unggul dengan pola tanam legowo ditambah kebutuhan sumber air yang mencukupi,” aku Rusman Hasibuan salah seorang petani yang melakukan panen di sawahnya, Kamis (3/11).

Begitupun ia berharap peningkatan produksi pertanian terus dikawal pemerintah daerah dalam rangka membantu petani menuju kesejahteraannya. “ Peningkatan pendapatan dari tahun ketahun, juga tidak hanya dibidang pertanian saja melainkan juga dibarengi dengan bantuan modal serta pemasaran agar sejalan dengan pembangunan daerah yang diharapkan petani saat ini,” katanya.

Dikatakannya, ekonomi petani selalu di bawah rata-rata atau berada di bawah garis kemiskinan. Sebab lahan yang diusahai satu keluarga petani hanya bisa satu sampai dua rantai jika mengandalkan tenaga, belum lagi tambahan biaya perawatan, pemanenan, pengangkutan serta bagi hasil dengan pemilik lahan.

Sementara Wakil DPRD Madina, Safaruddin Ansyari Nasution yang juga putra asli Desa Lumban Pasir Kecamatan Panyabungan mengatakan, pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pertanian Madina harus memperhatikan nasib petani di daerah ini. Karena petani padi ini merupakan penyumbang beras yang dikonsumsi masyarakat setempat sehari-hari. (henri)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

2 Responses to PRODUKSI GABAH PETANI LUMBAN PASIR CAPAI 7 TON PER HEKTARE

  1. Pingback: replica black suede designer pumps david jones

  2. Pingback: Buy Glo Extracts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *