PETANI HARUS TANAM 2 KALI SETAHUN

TOBASA – Bupati Toba Samosir, Sumatera Utara, Kasmin Simanjuntak menganjurkan petani di daerah setempat menerapkan pola tanam dua kali dalam setahun, sebagai upaya mengejar target produksi padi sebesar 10 juta ton tahun 2011.

“Hingga saat ini, penerapan musim tanam dua kali setahun baru dilakukan di areal 4.500 hektare dari seluas 18.000 hektare lahan sawah yang tersebar di 16 kecamatan di kabupaten tersebut,” katanya di Balige, Minggu.

Kasmin menyebutkan, untuk meningkatkan produksi padi sesuai Program Nasional Peningkatan Produksi Beras Secara Nasional (P2BN), Kabupaten Tobasa menargetkan mampu menaikkan produksi beras sebesar lima persen dari tahun 2010.

Dalam mendukung keberhasilan program P2BN, kata dia, Pemkab Tobasa menyediakan sarana dan prasarana produksi pertanian melalui usaha pokok intensifikasi pertanian berupa penyediaan benih unggul.

“Guna merangsang petani melaksanakan tanaman padi dua kali setahun, juga diberikan bantuan pupuk dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” ujar Kasmin.

Pupuk yang dibantu, yakni NPK sebanyak 41.700 Kg, pupuk Organik Granul 61.716 Kg, dan pupuk Organik Cair sejumlah 278 liter, dibagikan untuk enam kecamatan, masing-masing Kecamatan Silaen, Lumbanjulu, Siantar Narumonda, Balige, Pintu Pohan dan Kecamatan Nassau, diserahkan Rabu (2/11).

“Untuk pengembangan lahan kering, juga diberikan bantuan bibit mangga sebanyak 1.400 batang dan bibit durian sebanyak 1.600 batang,” katanya.

Kadis Pertanian Kabupaten Toba Samosir, Parlindungan Simanjuntak menambahkan, pihaknya terus melakukan upaya dalam meningkatkan produktivitas komoditi pertanian di daerah tersebut.

Ia berharap, anjuran Bupati untuk menerapkan pola tanam dua kali dalam setahun dapat dilaksanakan serta petani memanfaatkan bantuan pupuk tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga produksi pertanian lebih meningkat, sejalan dengan naiknya pendapatan petani.

“Kita tetap berupaya untuk mendapatkan berbagai bantuan yang bisa diperoleh dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi guna meningkatkan kesejahteraan petani di daerah Toba Samosir,” katanya.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *