MESKI TELAH SWASEMBADA BERAS, PEMKAB LANGKAT JANGAN TERLENA

MedanBisnis – Langkat. Kabupaten Langkat mampu mencapai swasembada beras dan menjadi salah satu lumbung beras di Sumatera Utara (Sumut). Namun, tantangan peningkatan produksi beras untuk terus memenuhi kebutuhan pangan yang semakin meningkat juga tidak terlepas dari berbagai kendala.
“Walaupun sampai saat ini kita mampu mencapai swasembada beras, hendaknya tidak membuat kita menjadi terlena,” kata Asisten Administrasi Ekbangsos Pemkab Langkat Indra Salahuddin pada acara panen raya padi sawah Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Tri Tani Jaya Desa Pematang Cengal Barat Kecamatan Tanjung Pura, Rabu (2/11).

Kepala Dinas Pertanian Sumatera Utara M Roem yang turut hadir menyampaikan terima kasih kepada Bupati Langkat yang telah begitu besar perhatiannya dalam pembangunan pertanian di Sumut khususnya di Kabupaten Langkat. “Kabupaten Langkat merupakan kebanggaan, sebagai salah satu penyumbang beras terbesar  di Sumatera Utara,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Langkat Zulkifli Lubis dalam sambutannya mengatakan, dari realisasi tanam 1.017 hektare terdapat 427 hektare wilayah irigasi GP3A dengan produksi gabah 6,8 ton per hektare. Ini menunjukkan adanya peningkatan hasil panen dari sebelumnya.

Acara panen raya tersebut dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dan penghargaan dari Pemerintah Pusat, Pempropsu, dan Pemkab Langkat berupa benih unggul, sarana produksi pertanian serta alat mesin pertanian.

Pada kegiatan itu Bupati Langkat diwakili Hj Nuraida Ngogesa secara pribadi juga memberikan tali asih berupa 1.000 helai kain sarung dan 1.000 nasi kotak sebagai wujud rasa syukur dan kepedulian terhadap masyarakat petani. (misno)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *