KUNJUNGAN WISMAN SUMUT NAIK 12,93%

MEDAN – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Sumatera Utara (Sumut) hingga September naik 12,93 persen dari periode sama tahun lalu, atau mencapai 157.864 orang dengan kontribusi terbesar masih dari Malaysia.

“Jumlah wisman ke Sumut masih bertumbuh ditengah kekhawatiran pelaku industri pariwisata melemahnya daya saing daerah itu akibat infrastruktur yang jelek,” kata Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahuddin Nasution, tadi sore.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, jumlah wisman Sumut tahun lalu masih 139.791 orang dan tahun ini sudah 157.864 orang. Dari jumlah wisman itu, kedatangan terbanyak tetap dari Malaysia atau 56,03 persen.

Jumlah wisatawan Malaysia itu sendiri hingga September tahun ini naik 13,45 persen atau sudah 89.087 orang dari periode sama tahun lalu yang masih 78.527 orang.

“Meski naik, tapi pemerintah dan pelaku industri pariwisata jangan puas karena fakta menunjukkan bahwa kunjungan wisman itu masih belum pulih dibadingkan era tahun 1990an yang sempat mencapai 500ribuan orang,” katanya.

Harus kerja keras lagi termasuk meningkatkan infrastruktur di daerah objek wisata termasuk jalan dari dan menuju daerah wisata serta promosi.

Kepala BPS Sumut, Suharno, menyebutkan setelah Malaysia yang sebanyak 89.087 orang, wisatawan terbanyak lainnya yang datang ke Sumut adalah Singapura sejumlah 8,115 orang dan Belanda 5.381 orang.

Beberapa negara juga menunjukkan tren meningkat mengunjungi Sumut seperti dari Australia yang naik 16,16 persen atau sebanyak 2.767 orang. Kunjungan wisatawan yang masuk ke Sumut juga tetap terbesar melalui Bandara Polonia Medan atau sejumlah 87,86 persen.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *