15 MOBIL INTERNET MASUK LAHAN PERTANIAN

KARO-Pelaksana Tugas (Plt) Gubsu H. Gatot Pujo Nugroho me nyerahkan 15 unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK) kepada lima Pemkab di Sumatera Utara, di halaman kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting Kabanjahe, Senin, (31/10).

Lima Kabupaten yang memperoleh M-PLIK dalam penyerahan kemarin diantaranya, Kabupaten Karo mendapatkan empat unit, DairiĀ  tiga unit, Pakpak Barat tiga unit, Humbahas tiga unit, dan Samosir dua unit.

Serah terima operasional mobile pusat layanan internet kecamatan di Kabupaten Karo ini merupakan tahap ketiga, kepada lima Kabupaten se-Sumatera Utara dari 96 unit M-PLIK, dari Kementerian Ko munikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo).

M-PLIK diberikan kepada provinsi Sumatera Utara untuk mengurangi kesenjangan sarana dan pemerataan akses telekomunikasi bagi masyarakat, guna mendukung pem bangunan pedesaan dengan pengembangan kawasan agropolitan.

Mengingat mayoritas penduduk Sumut yang menggantungkan hidup dari sektor pertanian, revitalisasi pertanian sangat strategis untuk dilaksanakan guna memacu pembangunan pedesaan dengan pengembangan kawasan agropolitan yaitu mengubah kawasan pedesaan menjadi kota pertanian yang berkembang dan mampu meningkatkan pembangunan wilayah sekitarnya.

Kabupaten Karo, Dairi, Pakpak Barat, Samosir, Toba Samosir, Taput, Simalungun, Pematang Siantar dan Humbang Hasundutan adalah kabupaten/kota yang masuk dalam pengembangan kawasan agropolitan di Sumut. Guna mendukung program itu, dibutuhkan teknologi informasi yang dapat menjangkau seluruh pelosokĀ  pedesaan. Dengan biaya murah dan akses yang baik.

Pemberian M-PLIK ini merupakan upaya pemerintah untuk menopang program pengembangan kawasan agropolitan Sumut sehinga dapat dijadikan sebagai media kontak langsung pemerintah kepada masyarakat melalui proses penyebaran informasi yang dapat mendukung percepatan pembangunan bidang komunikasi dan informatika. Dengan demikian diharapkan tidak adalagi kesenjangan informasi yang dihadapi masyarakat di Sumut karena kondisi geografis.
Mobil layanan internet kecamatan, diterima Bupati Karo Dr (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti, Wakil Bupati Pakpak Barat Ir. Maju Padang, Wakil Bupati Humbahas Drs. Marganti Manunllang, Dairi oleh Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Pakpak Barat Drs. Wesly P. Manullang dan Samosir oleh Kabid Kominfo Dinas Perhubungan dan Kominfo Samosir Hotman Sagala.

Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan bantuan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI itu dilengkapi parabola, perangkat komputer (laptop), generator listrik dan peralatan teknologi canggih lainnya, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengakses informasi di seluruh kawasan, termasuk daerah-daerah yang belum terjangkau sarana telekomunikasi (blankspot).

Atas nama masyarakat Kabupaten Karo, Bupati Karo Dr (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti menyampaikan terima kasih dan berjanji akan memanfaatkan MPLIK bagi peningkatan layanan teknologi di kecamatan terpencil secara mobile. (wan)
sumber: http://www.hariansumutpos.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *