PEMPROV SUMUT SERAHKAN 15 MOBIL MPLIK

Medan ( Berita ) :  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyerahkan 15 mobil pusat layanan internet kecamatan (MPLIK) yang akan digunakan di lima daerah yakni Kabupaten Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, dan Samosir.

Dalam penyerahan secara simbolis di halaman kantor Bupati Karo di Berastagi, Senin [31/10], Pelaksana Tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho mengatakan, keberadaan armada MPLIK itu memiliki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat.

Sesuai tema MPLIK “Jangan Biarkan Yang Terpencil Kian Terkucil”, keberadaan mobil internet akan memberikan pengetahuan tentang informasi terhadap masyarakat yang berada di pedesaan.

Pihaknya mengharapkan Pemkab yang mendapatkan MPLIK itu dapat mengoperasionalkannya di daerah yang tidak terjangkau internet (blank spot).

Hal itu dimaksudkan agar masyarakat pedesaan yang berada di daerah terpencil dapat mengakses informasi supaya dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Ia mencontohkan informasi tentang cara bercocok tanam dan memasarkan tanaman tomat yang banyak di pedesaan, khususnya di Kabupaten Karo. “Dengan MPLIK, petani bisa mendapatkan infrmasi, baik untuk budi daya, perawatan, mau pun pengananan pascapanen,” katanya.

Menurut Gatot, dalam perkembangan zaman yang sudah mengglobal, internet telah menjadi salah satu kebutuhan vital bagi masyarakat.

Dengan keberadaan MPLIK itu, pihaknya mengharapkan Pemkab dan Pemkot yang telah mendapatkan armada itu bisa mengunggah (upload) berbagai potensi di daerah masing-masing, baik potensi pertanian, perkebunan, kuliner, mau pun pariwisata.

Dengan proses unggah di internet tersebut, masyarakat dari berbagai belahan dunia dapat mencari informasi mengenai potensi yang ada di suatu daerah. “Jadi, MPLIK ini dapat menjadi media sosialisasi kepada dunia,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Sumut Naruddin Dalimunthe mengatakan, keberadaan MPLIK itu dapat menjadi media untuk mempublikasikan kekayaan alam di daerah maing-masing.

Melalui pengoperasinalan MPLIK, Pemkab dapat menerima informasi yang selama ini belum didapatkan, khususnya dari masyarakat yang berada di daerah terpencil.

Pihaknya menyadari jika selama ini cukup banyak potensi pariwisata yang belum terakses dan terpublikasi dengan baik meski sangat potensial untuk dikembangkan. “Dengan MPLIK ini, semuanya bisa diakses,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Asren Nasution mengatakan, lima daerah yang mendapatkan MPLIK itu adalah Kabupaten Karo (empat unit), Dairi (tiga unit), Pakpak Bharat (tiga unit), Humbang Hasundutan (tiga unit), dan Samosir (dua unit).   ( ant )
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *