6 SISWA MADURA JUARA LOMBA MATEMATIKA DUNIA

VIVAnews – Kabar menggembirakan datang dari dunia pendidikan. Empat siswa SD dan SMP asal Madura, Jawa Timur berhasil menjuarai Wizard  Mathematics International Competition (WIZMIC) yang digelar di Lucknow, India 21-24 Oktober 2011 lalu.

Kompetisi matematika dua tahunan tersebut diikuti peserta dari 12 negara. Kontingen Indonesia terdiri dari sejumlah pelajar, termasuk juga dari Bogor, Jawa Barat.

“Kontingen Indonesia di bawah kordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mereka keluar sebagai juara umum, mengungguli Filipina dan Thailand yang menduduki peringkat kedua dan ketiga,” kata kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur, Harun di Surabaya Kamis 27 Oktober 2011.

Dua menambahkan, hasil ini membanggakan, sebab matematika selama ini dianggap sebagai momok, mata pelajaran yang sulit dan mengerikan.

Empat siswa Madura berprestasi itu adalah Prima Sultan Hudiyanto, siswa kelas 6 SD Lawangandaya II Pamekasan; Ahmad Ramadhan Yamin, siswa kelas 1 SMP Negeri 2 Pamekasan; Astri Violita, siswa kelas 1 SMP Negeri 5 Pamekasan; dan Dianisa Rahwani, siswa kelas 3 SMP Al-Itijhad, Sampang.

Kemenangan anggota kontingen asal Jatim itu merupakan keberhasilan kedua di ajang yang sama pada tahun 2009 lalu. Negara lain yang juga ikut kompetisi itu di antaranya China, India, Bulgaria, Taiwan, Bangladesh, Thailand, Afrika Selatan, Nepal, Zimbabwe, dan Srilanka.

“Keberhasilan itu diraih karena persiapan matang yang dilakukan selama tiga bulan, dengan menggembleng peserta dengan penalaran dan logika berfikir,” ujar Harun. (Laporan: Tudji Martudji, Surabaya | kd)
sumber: http://nasional.vivanews.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *