DISBUDPARPORA SERGAI GAGAS PROGRAM PENGEMBANGAN DESA WISATA

Perbaungan, (Analisa). Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) menggagas program pengembangan Desa Wisata sebagai salah satu bentuk upaya memajukan sektor pariwisata di “Tanah Bertuah Negeri Beradat” tersebut.
Kepala Disbudparpora Sergai Drs Herlan Panggabean kepada Analisa, Rabu (12/10) mengatakan, pihaknya sedang menggagas program pengembangan desa wisata yang memberdayakan potensi desa melibatkan bahkan mengandalkan masyarakat setempat untuk menyukseskan program tersebut.

Program ini katanya, berorientasi terhadap pemberdayaan potensi desa sesuai potensi desa masing-masing. Pemberdayaan desa menjadi sangat penting sehingga diharapkan muncul karakteristik yang menjadi crri khas sebuah desa sehingga memberikan alternatif sesuai keinginan peminat pengunjungnya.

Tahap awal, Desa Seinaga Lawan berada di Kecamatan Perbaungan menjadi desa wisata percontohan dipelopori Kelompok Konservasi Mangrove Muara Baimbai yang mengelola sebuah kawasan hutan mangrove. Kelompok tersebut mampu memberdayakan hutan mangrove di pesisir pantai sehingga kawasan tersebut kini menjadi hijau.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi anggota kelompok tersebut juga meningkat dikarenakan mampu memanfaatkan alam yang ada melalui berbagai kegiatan yang dilakukan kelompok tersebut.

Pelayanan dan Keramahtamahan

Untuk membangkitkan sektor pariwisata ungkap Panggabean tidak serta merta bisa disandarkan kepada pemerintah maupun dinas yang dipimpinnya. Pemerintah punya keterbatasan sehingga peran serta masyarakat itu sendiri menjadi pendukung utama.

Pelayanan prima dan keramahtamahan masyarakat di sekitar obyek wisata menjadi faktor penting untuk memajukan pariwisata yang tercakup dalam “Sapta Pesona” yang memang harus dilaksanakan seluruh elemen pelaku pariwisata.

“Apapun ceritanya, orang akan mau datang ke sebuah obyek wisata kalau pelayanannya bagus. Itu ada dalam sapta pesona. Sapta pesona inilah yang mau saya terapkan” ungkapnya.

Diakuinya, potensi pariwisata Sergai sangat luar biasa dan mampu menghasilkan peningkatan kesejahteraan rakyat khususnya yang berada di sekitar lokasi obyek wisata terlebih memberikan pemasukan PAD bagi pemerintah. Namun semuanya butuh kerjasama dan kesadaran para pelaku wisata untuk membangkitkannya.

Melalui program Desa Wisata ini ungkap Panggabean, diharapkan menjadi salah satu upaya membangkitkan sektor pariwisata Sergai berbasis pemberdayaan masyarakat dan potensi desa.

Semakin baik tingkat pelayanan pelaku wisata di perdesaan, maka akan semakin baik pula peningkatan perekonomiannya karena akan banyak perputaran transaksi ekonomi seiring banyaknya pelancong yang berkunjung. (ak)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *