SINABUNG STABIL, MASYARAKAT DIIMBAU TENANG

KARO- Berita terkait  peningkatan aktivitas Gunung Api Sinabung, ditanggapi serius oleh petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang berada di pos pengamatan di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat.
Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Armen Putra, ketika dihubungi Sumut Pos melalui telepon selularnya menjelaskan, hingga kemarin sore, gunung berapi tipe A itu  masih stabil berada di level II ( waspada,red) dan tidak ada mengalami peningkatan  status.

Hal senada juga disampaikan Kaban Kesbang Linmas, Drs Suang Karo-Karo. Suang  mengatakan,  penetapan  status tersebut  merujuk surat edaran Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD)  Provinsi Sumatera Utara nomor : 360/2483/BPBD/2011 tanggal 13 September 2011.

“Tidak ada perubahan status Sinabung, masyarakat diminta tidak panik terhadap isu yang  menyatakan kalau Sinabung  meningkat aktivitasnya. Surat edaran BPBD  terkait status level II Sinabung, juga  disosialisasikan ke desa-desa sekitar gunung melalui serat edaran Bupati Karo nomor: 360/1317/Bakesbang/2011,” ujarnya.

Satatment ini dilontarkan Suang Karo-Karo, menyusul adanya berita terkait peningkatan statsu gunung Sinabung. Terpisah, Camat Payung Petrus Ginting, menjelaskan, kalau pihaknya juga kemarin  siang, telah dikabari pihak pos pemantau Sinabung, kalau info peningkatan aktivitas Gunung tersebut tidak benar adanya dan kiranya segera disosialisasikan  kepada warga.

“Kami meminta Kades agar menyapaikan info yang benar terhadap  warga. Sehingga informasi yang simpang siur di tengah masyarakat dapat  segera diluruskan dan tidak menimbulkan kepanikan,” ujar Petrus. (wan)
sumber: http://www.hariansumutpos.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *