PEMKAB DELI SERDANG BONGKAR 2 TOWER SELULER DI PANCURBATU

IMANUEL SITEPU. PANCURBATU. Tim terpadu pemkab Deliserdang yang terdiri dari petugas Dinas Cipta Karya, Satpol PP, Dishub, TNI didampingi Pemerintahan Kecamatan Pancurbatu kembali melakukan penertiban terhadap 2 unit tower seluler masing-masing milik PT Telkomsel dan PT Exelcomindo yang diduga tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Desa Durin Simbelang (Martabe), Pancurbatu, Selasa (11/10).

Dalam penertiban tersebut, petugas melakukan pembongkaran bangunan, seperti pagar dan pemutusan sistem operasional PT Telkomsel  dan PT Exelcomindo. Pagar dan kabel masing-masing tower yang dibongkar kemudian dititipkan di Kantor Kepala Desa Durin Simbelang.
Kasatpol PP Kabupaten Deliserdang saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, saat ini di Kabupaten Deliserdang banyak ditemukan bangunan yang tidak memiliki IMB termasuk tower. Perda Kabupaten Deliserdang No: 14 Tahun 2006 tentang IMB  pasal 15 menyatakan, setiap pribadi atau badan dilarang mendirikan bangunan tanpa izin. Pasal 16 menyatakan, pekerjaan mendirikan bangunan dapat dimulai setelah IMB diberikan oleh kepala daerah.

“Sehubungan dengan itu, dalam rangka penerapan sangsi Perda sebagaimana diatur dalam pasal 45 Perda No: 14 tahun 2006, sesuai dengan keputusan Bupati Deliserdang¬† No 275 tahun 2011 tanggal 1 Juni 2011 tentang penertiban bangunan liar dan bangunan yang menyalahi surat IMB di Kabupaten Deliserdang, tim terpadu kemudian membongkar 2 bangunan tower tanpa IMB di Desa Durin Simbelang, Pancurbatu,” ujar Manurung.
Lebih lanjut Manurung mengatakan, di Kabupaten Deliserdang ada sebanyak 65 bangunan tower yang tidak memiliki IMB dan telah 33 tower yang dibongkar. “Di Kabupaten Deliserdang, kita telah menertibkan sebanyak 33 dari 65 bangunan tower yang tidak memiliki IMB,” jelas Manurung.

Tim Terpadu yang turut penertiban itu diantaranya Kasatpol PP Deliserdang, J Manurung SE bersama staf dan anggota, Camat Pancurbatu, Suryadi Aritonang SSos MSi, Kasie Trantib Pancurbatu, Wakil Karo-Karo SE, staf Dinas Cipta Karya, petugas Dishub dan petugas Koramil Pancurbatu.
Penjaga tower PT Telkomsel, Pena Sitepu, mengaku merasa kaget dengan kedatangan petugas Tim Terpadu Pemkab Deliserdang yang membongkar tower PT Telkomsel. “Saya tidak ada menerima surat pemberitahuan sebelumnya, termasuk dari Pemerintahan Desa dan Kecamatan. Namun hal ini sudah saya sampaikan kepada atasan saya di Medan,” ujar Sitepu.
Sementara itu, beberapa warga sekitar saat ditemui wartawan mengaku resah dengan dibongkarnya bangunan tower PT Telkomsel yang ada di Desa mereka.”Kalau dibongkar, jaringan seluler yang kami pakai akan terganggu. Ini kan dapat meresahkan warga yang memiliki kepentingan dengan jaringan PT Telkomsel,” ujar seorang ibu yang mengaku memakai kartu seluler dari PT Telkomsel.
sumber : http://www.sorasirulo.net

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *