LP JADI ‘SURGA’ BAGI NAPI

MEDAN (Waspada): Lembaga Pemasyarakatan (LP) dinilai gagal membina para pelaku kejahatan.
Selain itu, LP juga dinilai tidak mampu memberikan efek jera. Ini dibuktikan, saat Polda
Metro Jaya membongkar kasus penipuan melalui pesan singkat (SMS) yang dilakukan narapidana di dalam LP Tanjung Gusta Medan.

Dengan terbongkarnya aksi penipuan tersebut, maka LP dinilai seperti ‘surga’ bagi para
Napi untuk terus melakukan kejahatan. Sebab, ratusan aparat kepolisian gagal melakukan razia di dalam LP Tanjung Gusta karena terbentur birokrasi.

Dalam hal ini, pihak kepolisian harus mengantongi izin dari Menteri Hukum dan HAM. Padahal, polisi bermaksud menindaklanjuti kasus penipuan via SMS tersebut.

“LP itu dibangun untuk membina orang-orang yang melakukan kejahatan. Tetapi kita lihat, LP tidak memberikan efek jera atau mengubah orang yang berbuat kejahatan menjadi lebih baik. Ini berarti LP belum maksimal membina orangorang yang akan dibina,” kata Kriminolog Nursariani Simatupang, SH, M.Hum kepada Waspada, Kamis (6/10).

Menurut Nursariani, ada beberapa hal yang menyebabkan narapidana terus melakukan kejahatan meskipun di dalam LP. Pertama, banyaknya waktu luang bagi narapidana sehingga memudahkannya melakukan kejahatan meski di dalam LP.

Kedua, petugas LP tidak siap mental untuk membina. “Dalam masalah ini, kita harus mencari akar permasalahannya. Bisa saja orang-orang yang bertugas di LP itu tidak siap
mentalnya untuk membina narapidana. Seolah-olah ada pembiaran untuk narapidana melakukan kejahatan di dalam LP,” jelas Nursariani.

Tidak siapnya mental para petugas di LP, kata Nursariani, dapat dilihat dari longgarnya pengawasan terhadap barangbarang yang masuk di dalam LP.

“Selama pola dan aturan hukum yang ada belum ditegakkan secara sadar dan ketidaksiapan para petugas LP, jangan harap LP bisa membina narapidana untuk tidak mengulangi tindakan kriminalnya” tambah Nursariani.

Selain pengawasan longgar, adanya perbedaan tingkat pengetahuan atau adanya pencampuran narapidana dari berbagai kasus kejahatan, maka akan terbentuk secara alamiah untuk merencanakan kejahatan kembali.

Dia menyarankan agar tidak lagi diberi kemudahan kepada pengunjung untuk membawa barang-barang masuk ke LP. Pemerintah harus peka dengan memberi penghargaan dan
kesejahteraan kepada para sipir yang setiap hari mengawasi ataumembina narapidana.

“Inilah yang harus dilakukan, dengan kesejahteraan yang layak dan memberi penghargaan, maka dengan sendirinya pengawasan akan lebih ketat,” terangnya.

Sedangkan Psikolog Rahmat Nur Kurniawan berpesan agar masyarakat tidak lagi mudah percaya akan informasi sesat yang disampaikan orang tidak dikenal. “Ini memang untung-untungan bagi sindikat tersebut. Bila sasarannya masyarakat atau individu yang kondisi kejiwaannya lemah, maka akan menjadi sasaran. Sebab, saat mendengar informasi negatif masyarakat atau individu tersebut terkejut dan galau.

Akibatnya, individu tersebut lupa dan tidak sadar bahwa dia sudah didoktrin,” jelasnya. Kordinasi Di tempat terpisah, Kapolresta Medan Kombes Pol Tagam Sinaga ketika ditanya wartawan tentang gagalnya pemeriksaan handphone terhadap para tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta Medan mengatakan, pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Ka Lapas) dan mendapat jawaban akan kordinasikan dengan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas).

“Polisi dan Kalapas akan mencari waktu yang pas untuk melakukan pemeriksaan handphone para tahanan,” jelas Tagam seraya menambahkan pihaknya sudah menyampaikan kepada Ka Lapas tentang peredaran narkoba, permainan judi
dan penipuan melalui SMS di dalam LP. (h02/m39)
sumber: http://waspadamedan.com

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan. Bookmark the permalink.

1 Response to LP JADI ‘SURGA’ BAGI NAPI

  1. It really is rare to discover a specialist in whom you will surely have some confidence. In the world these days, nobody really cares about showing others the solution in this subject matter. How happy I am to have now found such a wonderful site as this. It’s people like you who make a true difference in this world through the thoughts they talk about.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *