INDONESIA BERUPAYA JADI PUSAT PENELITIAN PANGAN ASEAN

Jakarta ( Berita ) :  Menteri Pertanian Suswono mengatakan Indonesia berupaya menjadi pusat penelitian pangan Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) selain terus berupaya mewujudkan target surplus pangan 2014.

“Kita punya pusat penelitian benih yang cukup bagus, sehingga bisa dimanfaatkan lebih ekstensif lagi,” kata Suswono dalam wawancara di sela pertemuan Menteri Pertanian dan Kehutanan ASEAN (ASEAN Ministerial Meeting on Agricultural and Forestry/AMAF) ke-33 di Jakarta, Jumat [07/10].

Pusat penelitian yang dimaksud Suswono itu adalah Balai Besar Penelitian Tanaman Padi yang terletak di Sukamandi, Jawa Barat.

Suswono menjelaskan jika dukungan dari sisi produktivitas bisa terus ditingkatkan, maka ia optimis target untuk surplus beras 10 juta ton pada 2014 bisa tercapai, sesuai dengan instruksi Presiden agar dalam lima tahun ke depan surplus beras tidak hanya 4-5 juta ton.

“Sebetulnya kalau sekedar beras saja mungkin kita mudah, produktifitasnya bisa terus digenjot, apalagi bila ditambah dukungan lahan baru dari Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan juga Sumatera,” kata Suswono.

Menurut Suswono, peran Indonesia dalam melakukan penelitian di bidang pangan itu akan teruji dengan kerja sama yang baru disepakati dengan Brunei dalam bentuk pengembangan lahan pertanian gambut.

“Kita sudah adakan pertemuan bilateral kemarin, nanti akan ditindaklanjuti dalam bentuk program aksi, programnya sendiri sudah sempat diuji coba di Kalimantan dan relatif berhasil,” kata Suswono.

AMAF ke-33 yang diselenggarakan di Jakarta pada 7 Oktober merupakan pertemuan puncak yang berada di bawah kerangka Kerja Sama Tingkat Menteri Kehutanan dan Pertanian ASEAN.

Sebelumnya rangkaian pertemuan diawali dengan pertemuan tingkat pejabat senior pada 3-5 Oktober yang membahas beberapa hal seperti pembentukan ASEAN Plus Three Emergency Rice Reseve (APTERR), implementasi ASEAN Integrated Food Security, serta berbagai kerja sama ASEAN dalam pengembangan peternakan dan ketahanan pangan. (ant )
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to INDONESIA BERUPAYA JADI PUSAT PENELITIAN PANGAN ASEAN

  1. Pingback: shroom pills

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *