DISKANLA LANGKAT SALURKAN BANTUAN KEGIATAN UPR TA 2011

MedanBisnis – Langkat. Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Langkat menyalurkan bantuan sarana pembenihan ikan air tawar kepada 8 Unit Pembenihan Rakyat (UPR). Bantuan untuk kegiatan UPR ini anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2011.
Demikian dikatakan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Langkat, H Nazaruddin, melalui Kasi Hama Penyakit Perikanan, Bambang RS Sp kepada MedanBisnis, Senin (3/10), di Stabat.

Dikatakannya, kedelapan UPR yang mendapat bantuan itu berada di 6 kecamatan, antaralain 1 unit kelompok UPR di Kecamatan Bahorok, 2 kelompok di Kecamatan Kutam Baru, 1 kelompok di Sei Bingai, 1 kelompok di Tanjung Pura, 1 kelompok di Padang Tualang, dan 2 kelompok UPR di Kecamatan Stabat.

“Bantuan yang diterima UPR itu seperti bak ikan terbuat dari beton, mesin pompa air, hiblow, tabung oksigen lengkap, kakaban (tempat penempelan telur), kelambu ikan, scopnet (tangguk benih) dan tangguk besarnya,” ucap Bambang.

Dijelaskannya lagi, bantuan sarana pembenihan tersebut diberikan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan para pembudidaya ikan, serta untuk peningkatan produksi perikanan di Kabupten Langkat.

Menurut Bambang, program UPR itu sudah berjalan selama 3 tahun, dimulai pada tahun 2008. Pada tahun itu, sudah di salurkan bantuan yang sama kepada 6 kelompok UPR, di tahun 2009 ada 6 kelompok UPR dan tahun 2010 ada 13 kelompok UPR, serta tahun ini ada 8 kelompok UPR.
Mengenai bantuan UPR yang lengkap dengan sarana pembenihan itu sumber dananya berasal dari DAK (APBN/APBD Langkat) tahun 2011.

Selain kelompok yang mendapatkan bantuan sarana pembenihan itu, Diskanla Langkat juga telah mendata dan membina sebanyak lebih 35 kelompok UPR yang dilakukan secara swadaya, dan kelompok tersebut tersebar di Kabupaten Langkat, kata Bambang. (reza fahlevi)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *