BANTUAN TERNAK SAPI DI SEI LEPAN BERKEMBANG

MedanBisnis – Sei Lepan. Masyarakat Desa Lama Kecamatan Sei Lepan yang tergabung dalam Kelompok Tani Rumpun Tani menerima bantuan ternak sapi dari Pemerintah Pusat melalui program Sarjana Membangun Desa (SMD). Bahkan saat ini jumlah sapi yang diterima sebanyak 32 ekor telah berkembang menjadi 36 ekor.
Kepala Desa Lama Jumin kepada MedanBisnis, Senin (1/10) mengatakan, bantuan ternak tersebut telah diterima kelompok tani sejak bulan Januari 2011, setelah kelompok tani mengajukan proposal kepada pemerintah.

“Bantuan tersebut diserahkan Pemerintah Pusat dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 325 juta. Dana tersebut digunakan untuk membeli 32 ekor sapi. Dan, kini sapi yang pelihara kelomok tani tersebut telah berkembang menjadi 36 ekor,” kata Jumin.

Dikatakannya, selain untuk pembelian ternak, dana bantuan tersebut digunakan untuk membangun kandang sapi dengan nilai sekitar Rp 11 juta termasuk biaya SMD sebesar Rp 1,5 juta.

Sedangkan kelompok tani yang telah mendapatkan bantuan ternak sapi tersebut sebanyak 15 orang. “Kepala desa menjadi pengawas dan pengontrol perkembangan pengelolaan ternak tersebut,”ujarnya.

Mengenai biaya pakan selama setahun, Jumin menyatakan seluruh pakan baik makanan pokok maupun makanan tambahan, termasuk biaya perawatan dan pengobatan hewan semuanya disesuaikan dengan petunjuk pelaksanaan yang telah ditetapkan pemerintah.

Sementara Ketua Kelompok Tani Suparman mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, Propinsi Sumut juga Dinas Pertanian dan Peternakan Langkat yang peduli terhadap masyarakat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kalangan masyarakat Desa Lama.

Kegiatan SMD dalam pengembangan usaha ternak sapi juga dalam rangka mendukung Program Swasembada Daging Sapi (PSDS) hingga tahun 2014. ( ilyas effendy)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *