MIN IKUT MENYEDIAKAN BIBIT PEPAYA CALIFORNIA

Di pekarangan seluas satu hektare yang ditanami pepaya california, Min tidak hanya menerima pesanan pembelian buah pepaya. Di samping rumahnya, ia membuat pembibitan pepaya california dengan dibantu oleh anak dan istrinya.
“Sekarang ini, semakin banyak masyarakat yang berminat menanam pepaya california karena nilai jualnya yang tinggi,” ujarnya kepada MedanBisnis beberapa waktu lalu di rumahnya di Dusun II, Desa Bandar Labuhan, Tanjungmorawa. Karena itu, menurutnya, peluang mendapatkan keuntungan juga bisa didapatkan dari menjual bibit.Namun begitu, katanya, yang lebih utama dari menjual bibit adalah untuk berbagi pengalaman dalam membudidayakan buah yang berasal dari Amerika Tengah dan banyak tumbuh di Meksiko dan Costa Rica itu. Tanaman yang merupakan famili caricaceae ini, menurutnya, dapat dengan mudah tumbuh di daerah tropis maupun subtropis. Selain itu, tanaman buah ini bisa tumbuh dan berkembang di daerah-daerah basah dan kering, dataran rendah maupun dataran tinggi, seperti daerah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter dari permukaan laut.

“Di sini siapapun bisa saja bertanya-tanya soal bagaimana membudidayakan pepaya california ini, mulai dari penyiapan lahan, pemilihan bibit, penanaman sampai bisa berbuah,” tambahnya. Hal tersebut dilakukannya agar hubungan antara pembeli dan penyedia bibit tidak terputus. “Agar bisa terus komunikasi dan saling tukar informasi yang berkembang,” katanya.

Ia menjelaskan selama ini pemesan bibit pepaya darinya berasal dari Batang Kuis, Tembung, Binjai, Pangkalan Brandan, sampai Aceh. “Khususnya Aceh, saat ini memang baru bibitnya yang masuk, sementara buahnya belum, tapi kalau daerah lainnya sudah,” lanjutnya menambahi.

Pemesanan tersebut biasanya dalam jumlah ribuan. Namun ia juga menerima pesanan dalam jumlah yang lebih sedikit karena tidak semua orang yang berkeinginan menanam pepaya memiliki lahan yang luas. “Tapi kalau pesan, kasih tempo 1,5 bulan baru bisa ambil,” ujarnya.

Hal tersebut, menurutnya, dikarenakan pembibitan mulai dari biji, di dalam polybag sampai tumbuh kecambah dan siap untuk dipindahkan ke tanah membutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan. “Perlakuan semacam itu harus dilakukan agar bibit memiliki kualitas yang baik, dan produksi buah di tiap batangnya bisa lebih banyak,” lanjutnya. Menurutnya, bibit yang baik juga didapatkan dari biji buah pilihan yang sudah matang.

Ratusan bibit yang berada di samping rumahnya, menurutnya, baru tumbuh kecambah dan dalam beberapa hari kemudian sudah bisa dipindahkan ke tanah. Pembibitan juga hanya dilakukan oleh dirinya dengan anak dan istrinya. Bibit-bibit tersebut dijualnya dengan harga yang cukup murah, yakni Rp 2.000/polybag. Bibit tersebut baru bisa dipindahkan ke tanah ketika berusia 15 hari. Pada usia itu, tingginya sudah mencapai 20 cm – 50 cm. “Baru setelah itu bisa ditanam ke tanah yang sebelumnya sudah digemburkan dan diberi pupuk kandang terlebih dahulu,” katanya.

Penggunaan pupuk kandang, menurutnya, sangat dianjurkan karena dengan itu hasil produksi pertumbuhan buah dari tiap pohonnya bisa maksimal. “Kalau tanah di mana bibitnya tumbuh itu baik, niscaya hasilnya tidak akan mengecewakan, karena yang paling penting setelah kualitas bibit adalah perawatan yang juga telaten,” tambahnya.

Perawatan yang baik dan mesti dilakukan itu antara lain dengan menjaga kebersihan lahan dari tumbuhnya rumput liar, menjaga drainase agar tidak ada genangan air, pemupukan dan penyiraman secara teratur ketika musim kemarau. “Perlakuan yang baik akan menghasilkan buah yang baik pula,” pungkasnya. (cw 02/yuni naibaho)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to MIN IKUT MENYEDIAKAN BIBIT PEPAYA CALIFORNIA

  1. Bagus says:

    Saya tertarik begitu lihat pepaya California.
    dari kecambah bisa dipindahkan ke Polybag usia berapa dan polybag yang ukuran berapa sebaiknya digunakan..
    Trima kasih jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *