GATOT : PASCA MOU INALUM, HARUS ADA PENYERTAAN SAHAM BAGI PEMDA

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Plt Gubernur Sumut Gatot Pudjo Nugroho mengatakan, pembahasan pasca kontrak Inalum dengan Jepang sedang dalam pembahasan di Kementerian Perindustrian RI.

“Saat ini kan masih dalam proses pembahasan di kementerian. Jadi, kemarin pada saat saya mendampingi Pak Menteri di Semangkei, saya sampaikan disela-sela kunjungan terkai pasca Inalum 2013. Kalau selama ini Inalum 58 persen sahamnya punya Jepang dan pemerintah pusat 42 persen. Maka,  bagaimana kalau kemudian dibalik saja Pak Menteri, 58 persen menjadi milik Pemprov Sumut dan 10 Kabupaten di kawasan Danau Toba.  Itu saya sampaikan,” ujar Gatot menirukan perbincangannya pada Menteri Perindustrian.

Namun, kata Gatot, jawaban Pak Menteri yaitu, bagaimana 2013 nanti, take overnya berjalan lancar dan pastinya Pemerintah Daerah (Pemda) akan mendapatkan bagian saham disana.

Saat ditanya jika kemudian permintaan itu disetujui, dari mana dananya, Gatot mengatakan, yang jelas bahwa harus ada penyertaan saham dari Pemprov Sumut dan 10 kabupaten yang berada dikawasan Danau Tona. “Jadi bukan harus ajak swasta mengelola,” tampik Gatot menjawab pertanyaan www.tribun-medan.com, kemarin (24/9/2011) petang, di halaman Hotel Toledo, Samosir.

Dijabarkannya, bahwa kedepan bahan baku aluminium menjadi kebutuhan yang sangat tinggi.

“Sekarang saja, untuk konsumsi dalam negeri Inalum belum mampu memenuhi kebutuhan itu. Apalagi kalau kita bicara akan di konsumsi luar negeri,” kata Gatot.

Ditambahkannya lagi, ditengah isu sulitnya penebangan kayu di hutan, maka aluminium jadi alternatif yang sangat menjanjikan.

“Jadi, ini adalah investasi yang profitable,” ujar Gatot.

Dengan demikian, menurutnya, jika  sudah diketahui prospeknya jelas dan menjanjikan, sangat mudah untuk mencari dananya.

“Kan gampang. Bisa dengan proses pinjaman, atau kalau tidak bisa maka dengan sistem pinjaman laba ditahan. Deviden yang harusnya menjadi hak kita, ditahan tidak dibagikan. Tapi lama kelamaan akan menjadi milik kita. Kan bisa itu,” ujar Gatot optimis, sembari mengatakan dirinya serta 10 kepala daerah kabupaten yang ada, akan terus berjuang pada setiap kesempatan untuk hal itu. (fer/tribun-medan.com)
sumber : http://medan.tribunnews.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *