TIGA PNS DISHUB HANYA DITUNTUT SETAHUN PENJARA

Medan, (Analisa). Tiga PNS Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut masing-masing dituntut hanya setahun penjara oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), dalam perkara dugaan pungutan liar (pungli) terhadap kendaraan bermuatan berat (truk) di Jembatan Timbang Sibolangit, Kamis (22/9) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan.
Ketiganya juga dituntut membayar denda masing-masing Rp15 juta subsider dua bulan penjara. Ketiganya juga dibebaskan tidak membayar uang pengganti kerugian negara.

Tim JPU Kejari Lubuk Pakam diketuai Jhon Wesly Sinaga SH menuntut ketiga pegawai Unit Pelaksana Penimbangan Kenderaan Bermotor (UPPKB)/Jembatan Timbang Sibolangit Dishub Sumut, yakni Panal Simamora (54), Ahmad Sofyan Batubara (42), dan Marlon Sinaga (51), dinyatakan bersalah melanggar Pasal 12 huruf e UU RI No.31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No.20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Mereka bersalah karena melakukan tindak pidana pengutipan liar (Pungli) terhadap sejumlah truk di Jembatan Timbang Sibolangit, dan tidak mencatatnya atau menyetorkannya ke kas negara.

Di hadapan majelis hakim diketuai Ahmad Guntur SH, JPU menyebutkan, ketiga terdakwa selaku anggota regu D pada UPPKB Jembatan Timbang Sibolangit pada 24 Maret 2011 sekira pukul 04.30 WIB secara bersama-sama melakukan, atau menyuruh melakukan kutipan kepada supir truk tanpa menggunakan karcis dan tidak mencatat truk yang masuk ke pendataan UPPKB atau jembatan timbang.

Ketiga terdakwa tertangkap tangan oleh Tim Intel Kejatisu yang menyamar. Mereka diduga sengaja mengenakan biaya lebih bagi truk yang kelebihan muatan dengan cara memaksa para supir menyerahkan uang sebesar Rp150 ribu hingga Rp300 ribu. Tak hanya itu, para terdakwa juga tidak mencatat ke dalam buku register dan catatan ekonomi sebagai PAD Provinsi Sumatera Utara.

Pada hari penangkapan, para terdakwa hanya mencatat enam truk yang melewati jembatan timbang tersebut dengan retribusi Rp600.000 di buku registrasi dan disetor ke kas negara. Sementara hasil penggerebekan, petugas Kejatisu menyita barang bukti berupa uang senilai Rp16.474.000 yang diduga uang kutipan tersebut.

Usai pembacaan tuntutan, kepada majelis hakim ketiga terdakwa didampingi penasehat hukumnya akan mengajukan pembelaan (pledoi) pada persidangan minggu depan. (dn)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to TIGA PNS DISHUB HANYA DITUNTUT SETAHUN PENJARA

  1. Myra Calabro says:

    Awsome website! I am loving it!! Will be back later to read some more. I am bookmarking your feeds also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *