MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI LEWAT USAHA AGROBISNIS

MedanBisnis – Aekkanopan. Program usaha agrobisnis merupakan salah satu cara meningkatkan pendapatan petani terutama petani yang memiliki lahan terbatas. Usaha agrobisnis dimaksud, berupa budidaya tanaman yang bisa memberi nilai yang lebih tinggi.
Demikian disampaikan Ir H Nukman Harahap saat hadir sebagai salah satu narasumber di acara pelatihan petani dan pelaku agrobisnis, Senin (19/9) di Aula KNPI Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), yang diselenggarakan Dinas Pertanian Labura.

Nukman Harahap yang merupakan mantan Kepala Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian ( KIPP) Labuhanbatu ini mengatakan, dengan wirausaha dibidang agrobisnis lewat pengembangan usaha-usaha pertanian, salah satunya dengan budidaya tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. “Pada prinsipnya, petani itu harus bisa kaya” kata Nukman saat memotivasi empat puluh petani peserta pelatihan yang terdiri dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari 8 kecamatan yang ada di Labura.

Dalam penjelasannya, melalui program agrobisnis ini diharapkan para petani dapat memanfaatkan lahan yang terbatas menjadi lebih produktif dengan membudidayakan berbagai variasi tanaman yang bernilai ekonomi tinggi.

Dijelaskannya, petani di Labura saat ini justru lebih banyak bercocok tanam sawit. Namun menurutnya, petani yang masih memiliki lahan terbatas, misalnya 2 – 4 hektare, dan langsung memilih lahan yang ada hanya dengan tanaman sawit, itu mencirikan petani yang malas.

Sebab, lanjutnya, jika dihitung keuntungan dari hasil kebun sawit yang hanya 2 – 4 hektare tersebut justru sangat sedikit dibandingkan jika lahan itu ditanami dengan tanaman yang lebih variatif seperti coklat, buah-buahan, dan tanaman holtikultura lainnya.

Selain itu, tambahnya, untuk kebun sawit yang luasnya 2 – 4 hektare hanya dikerjakan sekitar sepuluh hari, dan panennya hanya 2 kali dalam satu bulan. “Lalu waktu senggang yang begitu lama dimanfaatkan petani kemana? Apakah hanya berdiam saja tanpa mau melakukan usaha yang lain untuk menambah penghasilan dari lahan yang dimiliki?” tanyanya.

Sebelumnya, acara pelatihan tersebut dibuka Sekda Labura, H Amran Matondang, SH, MHum dan dihadiri  Kadis Pertanian Labura, Ir Markos Efendi Siregar, MSi, juga menghadirkan narasumber lainnya, Rusli Harahap, H Suhari SP yang membicarakan seputar dinamika pemberdayaan keluarga tani. Acara tersebut juga  disertai dengan penyerahan PUAD ( Pengembangan Usaha Agrobisnis Pedesaan) secara simbolis kepada Gapoktan. (ricardo simanjuntak)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI LEWAT USAHA AGROBISNIS

  1. Heya i’m for the first time here. I came across this board and I find It truly useful & it helped me out a lot. I hope to give something back and help others like you helped me.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *