PT SUSTAINABLE LIFESTYLE LAKUKAN PEMBINAAN PETANI

MedanBisnis – Medan. Mengembangkan sektor pertanian di Sumatera Utara (Sumut), PT Sustainable Lifestyle telah melakukan pembinaan kepada petani dengan pendidikan teknologi dan manajemen.
Komisaris PT Sustainable Lifestyle, Haryanto didampingi Ketua PT Sustainable Gozali Hansen, mengatakan, pembinaan yang dilakukan kepada petani ini guna meningkatkan harga jual yang tinggi sehingga mampu bersaing dengan pasar luar.

“Pembinaan kita dengan teknologi dan manajemen. Ini semua untuk mengangkat perekonomian rakyat,” ujarnya kepada MedanBisnis di Medan, Selasa (13/9).

Dikatakannya, untuk model lahan percontohan yang saat ini dilakukan ada di Desa Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara dan akan mengembangkannya lagi di Kabupaten Mandiling Natal, Karo, Samosir dan Deliserdang. “Tanaman yang dikembangkan juga mengarah pada tanaman organik karena mempunyai nilai jual lebih tinggi. Semua kegiatan ini tanpa bantuan dari pemerintah karena memang bertujuan membantu petani di daerah masing-masing binaan,” katanya.

Untuk jenis komoditas yang dikembangkan pada lahan percontohan seluas sekitar 3 hektar ini, tambahnya, yakni Choi Sim, Pack Choi Sim, Kailan Bunga, Kailan Batang, nai Pack Sin, Nai Pack Choy, Pack Choy Green, Sawi Pahit Besar, Selada Itali, Selada Bungkus, tang O, Peleng, Pucuk Kapri dan Green Boy.

“Semua tanaman ini organik dan sudah memiliki pasar yang jelas dengan harga jual tinggi dan pasti menguntungkan buat petani,” ucapnya.

Pada lahan model percontohan tanaman di Tapanuli Utara ini, lanjutnya juga selalu dievaluasi dari bibit, pupuk dan pemberian pestisida agar produktivitas dan produksi tanaman terus terjaga. Apalagi dengan permintaan pasar yang tinggi, maka kualitas tanaman harus diperhatikan secara serius.

Menurutnya, untuk pembinaan kepada petani ini diberikan kepada petani terdekat di daerah percontohan. “Jadi sudah banyak petani yang menerima pembinaan secara teknologi dan manajemen yang baik sehingga mereka bisa mandiri dan mendapatkan tambahan pendapatan lebih tinggi,” pungkasnya. (yuni naibaho)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *