PEMBENTUKAN KLASTER INDUSTRI SAWIT TINGKATKAN NILAI JUAL

MedanBisnis – Medan. Pembentukan klaster industri sawit di Sumatera Utara diharapkan bisa memercepat perkembangan industri hilir kelapa sawit sehingga nilai jual komoditas itu semakin meningkat. Pembentukan klaster ini juga diperkirakan akan bisa menekan ekspor dalam bentuk bahan baku sawit atau crude palm oil (CPO) karena akan semakin banyak diserap di dalam negeri.
“Dengan adanya klaster industri sawit ini, semua produk turunan kelapa sawit diharapkan mampu diproduksi dalam negeri. Dengan demikian nilai jualnya akan semakin meningkat,” kata Kepala bidang Industri Kimia Agro, Hasil Hutan (IKAHH) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Ida Yani Pane, di Medan, Selasa (13/9).

Dia mengatakan, selama ini pendapatan Indonesia dari industri sawit sebagian besar berupa bahan baku sawit seperti CPO, padahal CPO masih bisa diolah menjadi berbagai macam produk, seperti kosmetik dan sabun.

Pengolahan minyak sawit mentah di dalam negeri itu, kata dia,  bukan saja dipastikan meningkatkan devisa, tetapi juga menambah penyerapan tenaga kerja.

“Sekarang ini kan kita diimbau untuk fokus pada industri hilir, pembentukan klaster industri kelapa sawit merupakan salah satu cara untuk mendukung program tersebut,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan berkembangnya industri hilir diharapkan masalah fluktuasi harga ekspor komoditas yang terjadi selama ini dan merugikan pengusaha dan petani bisa ditekan.

Berkembangnya industri hilir juga akan semakin memperbesar perolehan devisa Sumut karena nilai jual produk jadi lebih besar dari berupa bahan baku atau setengah jadi.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini pembangunan klaster kelapa sawit di Sumut telah dilakukan di daerah Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun oleh PTPN3.

Klaster industri kelapa sawit itu diharapkan bisa semakin meningkatkan kesejahteraan petani dan pengusaha industri kecil dan menambah nilai devisa. “Ketika industri hilir kita semakin maju, otomatis produk-produk yang dihasilkan akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi ketimbang bahan mentah atau setengah jadi,” ujarnya. (cw – 01)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

1 Response to PEMBENTUKAN KLASTER INDUSTRI SAWIT TINGKATKAN NILAI JUAL

  1. Pingback: 埼玉 ボルダリング 子供

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *