SWASTA DIBERI KESEMPATAN TINGKATKAN PERTANIAN SUMUT

MedanBisnis – Medan. Demi meningkatkan produksi pertanian Sumatera Utara (Sumut), Dinas Pertanian (Distan) Sumut memberikan kesempatan kepada pihak swasta untuk berpartisipasi dalam peningkatan produksi pertanian.
Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Data dan Perumusan Program Distan Sumut Lusyantini ketika ditemui di kantornya di Jalan AH Nasution, Medan, Senin (12/9).

Dia mengatakan, saat ini sangat diperlukan peran aktif dari pihak swasta untuk menjaga ketahanan pangan di Sumut maupun dalam skala nasional. “Hal tersebut nantinya akan membawa dampak pada ketahanan pangan kita sendiri,”ungkapnya.

Dia mengatakan, memang selama ini, khususnya di Sumut, sudah ada pihak swasta yang berpartisipasi dalam bidang pertanian, namun belum maksimal. Untuk itu, pihaknya mengharapkan partisipasi dan peranan tersebut lebih ditingkatkan agar hasil produksi pertanian di Sumut lebih tinggi.
“Selain untuk menjaga ketahanan pangan, dengan berpartisipasinya pihak swasta diharapkan agar kebutuhan petani yang selama ini belum tercukupi dapat dicari jalan keluarnya,”kata Lusi.

Dengan begitu, dengan sendirinya kesejahteraan petani juga akan semakin membaik. Selain itu, produk-produk pertanian Sumut juga bukan tidak mungkin akan mampu bersaing dengan produk-produk luar. Keterlibatan pihak swasta juga dapat meningkatkan keberadaan infrastruktur pertanian yang sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan hasil produksi petani.

Pihaknya akan mengupayakan berbagai kemudahan dalam partisipasi tersebut, termasuk berkoordinasi dengan Distan kabupaten/kota di Sumut maupun instansi-instansi terkait.

Selain partisipasi kalangan swasta, pihaknya juga mengharapkan berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Sumut dapat menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaannya untuk membantu petani. Selama ini, belum keseluruhan BUMN yang ada di Sumut yang memberikan dana tanggung jawab sosial perusahaan tersebut untuk membantu kalangan petani. (cw – 01)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *