DISBUN SUMUT REMAJAKAN TANAMAN TUA

MedanBisnis – Medan. Dinas Perkebunan Sumatera Utara (Disbun Sumut) mulai melakukan peremajaan (replanting) tanaman perkebunan yang telah tua dan tak lagi produktif. Program replanting ini setidaknya telah dilakukan untuk tiga jenis tanaman yakni kakao, karet dan kelapa.
Kepala sub bidang (Kasubid) produksi Dinas Perkebunan Sumut, Herawati, menyatakan, hingga saat ini setidaknya 1.432 ha areal tanaman yang sudah tua telah di-replanting, terdiri dari tanaman kakao 800 ha, karet 316 ha dan kelapa 310 ha. Dan dalam program peremajaan ini Disbun Sumut juga melakukan perluasan areal pertanaman baru menjadi 1.616 ha.

“Pelaksanaan program replanting dan perluasan areal lahan pada tanaman usia tua bersumber dari pembiayaan pada APBN, umumnya di sentra produksi utama tanaman tersebut,” ujarnya kepada MedanBisnis, Jumat (9/9).

Ditambahkannya, tidak hanya alasan usia tanaman tua, tanaman yang sudah tidak produktif lagi juga akan segera diremajakan. Program tersebut dilakukan lewat pengadaan bibit unggul kepada petani.

Dijelaskannya, untuk tanaman kakao dari total 800 ha yang tengah di-replanting, 200 ha di antaranya berada di Deliserdang, 200 ha di Kabupaten Asahan, 200 ha di Mandailing Natal dan 200 ha lagi di Tapanuli Selatan.

Untuk replanting tanaman karet dilaksanakan di empat kabupaten meliputi Tapanuli Tengah, Labuhanbatu, Tapanuli Selatan dan Padanglawas Utara, dengan masing-masing 79 ha atau total 316 ha. Sementara itu, tanaman kelapa dengan total 310 ha dilaksanakan di Tapanuli Tengah 110 ha dan Sergei 200 ha.

Adanya program peremajaan ini selain faktor usia melampaui batas produktif, serangan hama dan faktor alam yang membuat tanaman tak lagi menghasilkan juga menjadi alasan utama. Hal ini sesuai dengan program pemerintah untuk terus meningkatkan mutu dan produktivitas tanaman unggulan.  (cw03)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

2 Responses to DISBUN SUMUT REMAJAKAN TANAMAN TUA

  1. Excellent blog here! Also your site loads up very fast! What host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my web site loaded up as fast as yours lol

  2. This is a really good read for me, Must admit that you just are among one of the most advantageous bloggers I ever saw.Thanks for posting this informative article.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *