MANTAN WALI KOTA MAGELANG DITAHAN

MAGELANG, KOMPAS.com – Mantan Wali Kota Magelang Fahriyanto resmi ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Magelang, di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Kota Magelang, Senin (5/9/2011) sore.
Fahriyanto menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan buku ajar 2003, dengan nilai kerugian negara lebih dari Rp 4 miliar.

Kemarin, Fahriyanto juga ditahan bersama bersama tiga tersangka lainnya yaitu mantan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Magelang Sureni Adi, dan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah Kota Magelang Sularso Hadi.

Penahanan dilakukan setelah ketiganya menjalani pemeriksaan di kantor Kejari Kota Magelang sekitar tiga jam.

Kepala Kejari Kota Magelang H Banjarnahor mengatakan, dalam kasus ini, Fahriyanto memiliki peran cukup penting karena sebagai kepala daerah, dia bertanggungjawab untuk pencairan anggaran daerah termasuk untuk proyek pengadaan buku ajar tahun 2003 dengan nilai total anggaran, Rp 11 miliar.

Dalam hal ini, Pak Fahriyanto bertanggungjawab untuk pencairan dana yang diselewengkan penggunaanya ini, ujarnya.

Banjarnahor mengatakan, seiring dengan peningkatan status ketiganya menjadi tersangka, upaya penahanan ini diperlakukan untuk semakin mempermudah proses penyidikan.

Dengan memperdalam penyidikan terhadap mereka dan dari keterangan saksi-saksi lain, kami akan terus mengembangkan penyidikan untuk mencari keterlibatan berbagai pihak atau tersangka-tersangka lain, ujarnya.

Sebelumnya, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Magelang Sri Yudoko juga telah ditetapkan sebagai tersangka dan terlebih dahulu ditahan di LP Kelas IIA Magelang.
sumber : http://regional.kompas.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *