TIPS MEMILIH LOGAM MULIA

JAKARTA – Sebagai logam mulia, nilai dan harga emas cenderung merangkak naik, dan tidak terpengaruh inflasi. Akibatnya, emas pun menjadi instrumen favorit dalam berinvestasi di tengah ketidakpastian ekonomi global. Jika Anda baru akan mulai berinvestasi dalam bentuk emas, ada baiknya mengintip tips berikut.

Update kurs emas dan rupiah
Dua faktor penentu yang patut diperhatikan ketika berinvestasi di emas adalah kurs emas dan kurs rupiah terhadap dolar. Keduanya harus selalu Anda pantau untuk menjadi acuan investasi. Kurs emas dapat dipantau setiap hari, salah satunya dengan menghubungi langsung PT Antam Tbk setiap pukul 09.30 WIB.

Pastikan keaslian emas
Sertifikat yang Anda dapatkan ketika membeli emas batangan adalah jaminan bahwa emas tersebut asli. Khusus di Indonesia, sertifikat tersebut haruslah dikeluarkan oleh PT Antam Tbk dan diakui oleh London Bullion Market Association (LBMA).

Sertifikat tersebut memuat nomor seri yang sama seperti yang tercantum di emas batangan, dan berukuran 5×6 cm. Keaslian emas batangan dipastikan dengan adanya logo LM berbentuk segi lima. Pada emas batangan tersebut juga tertera tulisan Fine Gold 9.9999. Sementara, lempengan emas lebih dari lima gram dilengkapi dengan nomor seri yang biasanya diawali dengan dua karakter huruf dan tiga digit angka.

Pastikan kadar kemurnian emas
Standar internasional menetapkan beberapa kalsifikasi kemurnian emas yakni emas murni (24 karat) memiliki komposisi 99,99 persen emas, emas 22 Karat berkomposisi 91,7 persen emas dan 8,3 persen campuran bahan lain seperti perak, emas 20 karat (83,3 persen emas), emas 18 karat (75 persen emas), emas 16 karat (66,6 persen emas), emas 14 karat (58,5 persen emas), dan emas 9 karat (37,5 persen emas).

Tiap keping emas tersebut membutuhkan biaya produksi sekira Rp33.500-Rp102 ribu. Simpan bukti pembelian dan sertifikat keaslian. Menyimpan baik-baik bukti pembelian dan sertifikat keaslian emas akan memudahkan Anda ketika akan menjual emas Anda.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

1 Response to TIPS MEMILIH LOGAM MULIA

  1. Samuel says:

    Agaknya investasi dengan emas cukup menarik karena tahan inflasi dan harganya tetap stabil dan cenderung naik terus…..tetapi pengetahuan tentang emas harus diketahui seperti yang disebutkan pada artikel diatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *