LATIHAN 15 MENIT SEHARI MEMPERPANJANG USIA ANDA

TRIBUNPEKANBARU – Masih berat untuk mulai rutin berolahraga? Coba simak hasil studi The Lancet ini. Jurnal medis yang berfokus pada bidang onkologi, neurologi, dan penyakit menular ini menyatakan, latihan selama 15 menit sehari ternyata mampu mengurangi risiko penyakit kanker, dan menambahkan usia Anda rata-rata tiga tahun.

Para peneliti menambahkan, latihan harian selama 15 menit sifatnya minimal bagi orang dewasa yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan. Sebab durasi tersebut hanya separuh dari jumlah yang direkomendasikan di Inggris. Laporan The Lancet itu sendiri memaparkan bagaimana tim peneliti mengamati lebih dari 400.000 orang di Taiwan.

“Studi ini mendukung apa yang sudah kita ketahui, bahwa melakukan sedikit aktivitas fisik tiap hari akan membawa manfaat kesehatan, sedangkan gaya hidup santai membawa risiko tambahan,” papar Dame Sally Davies, Chief Scientific Adviser untuk Departemen Kesehatan dan National Health Service di Inggris.

Dengan adanya studi ini, diharapkan pemerintah dapat membantu lebih banyak orang untuk menyadari bahwa masih ada banyak cara untuk berolahraga. Latihan sederhana seperti berjalan dengan kecepatan tertentu, atau berkebun saja sudah bisa dianggap sebagai olahraga, demikian menurut Davies.

Profesor Stuart Biddle dari Loughborough University menambahkan, banyak orang di Inggris saat ini yang dikategorikan tidak aktif secara fisik. Bagi mereka, latihan selama 30 menit sehari dirasakan cukup berat untuk dilakukan.

“Anda bisa mendapat manfaat yang baik dengan jumlah aktivitas fisik yang ringan,” katanya. “Lebih banyak memang lebih baik, tapi lebih sedikit juga baik untuk mengawali (kebiasaan ini).”
sumber : http:// pekanbaru.tribunnews.com

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *