10 CARA AGAR ANAK TAK MABUK SAAT MUDIK

Surabaya – Melakukan perjalanan jauh seperti pergi mudik ke kampung halaman sangat membutuhkan kondisi prima baik tubuh kita terutama pada anak-anak yang sering mengalami mabuk perjalanan di saat berpergian jauh.

Salah satu penyebab terjadinya mabuk yang dialami anak-anak itu bermacam-macam, baik karena fisik maupun psikis dari anak itu sendiri. Seperti dilansir dari Honda imobili Indonesia.

Menurut Honda faktor psikis disebabkan oleh tubuh yang tidak prima karena penyakit tertentu atau lainnya. Sedangkan faktor psikis bisa karena kebosanan, stres, sugesti, atau bahkan alergi terhadap aroma tertentu.

Nah untuk itu ada 10 cara untuk mencegah anak-anak anda menjadi ‘mabuk’ atau muntah ketika melakukan perjalan jauh.

1. Duduk searah dengan arah perjalanan

Salah satu penyebab utama mabuk perjalanan, khususnya anak-anak, adalah posisi duduk dan arah pandangan yang salah. Pada umumnya mereka duduk dengan posisi seenaknya dan tidak searah dengan laju kendaraan. Posisi duduk menyamping atau membelakangi arah laju mobil juga akan memicu rasa mual atau pusing.

2. Arahkan pandangan anak ke obyek di tempat yang jauh

Benda atau obyek yang berada di kejauhan tidak akan bergerak secepat benda-benda yang berada pada jarak dekat kala mobil melaju. Saraf pada mata akan dipaksa bekerja secara cepat. Ini menjadi penyebab pusing.

3. Hindari membaca terlalu lama.

Melihat obyek-obyek yang berada di dekat kendaraan yang melaju cepat, membaca di saat mobil melaju cepat bagi sebagian orang bisa memicu rasa mual atau pusing. Anda bisa membaca saat kecepatan mobil dalam tingkatan rendah atau saat macet.

4. Cegah rasa bosan

Bila laju kendaraan melambat karena jalanan yang padat, lakukan permainan bersama anak-anak untuk menghindari rasa bosan.

5. Dengarkan musik atau lagu-lagu favorit

Cara lain untuk menghindari rasa bosan atau kejenuhan yang bisa memicu mabuk perjalanan adalah mendengarkan lagu-lagu favorit

6. Hindarkan asap rokok di ruang kabin

Bagi Anda yang perokok berat dan tak bisa meninggalkan kegemaran merokok di dalam mobil, Anda dapat membuka jendela mobil.

7. Perbanyak minum air putih dan makan makanan ringan

Penyebab mabuk perjalanan lainnya adalah berkurangnya cairan tubuh. Karena itu, perbanyaklah minum air putih, air jahe, air jeruk, atau jus buah lainnya.

8. Hindari makanan yang berminyak dan pedas

Cara pencegahan lainnya adalah menghindari makanan yang banyak mengandung minyak dan pedas sebelum dan selama perjalanan. Makanan berminyak memicu jaringan tubuh lebih banyak menyerap air, sehingga berpotensi mengalami kekurangan cairan.

9. Hindarkan aroma yang menusuk hidung di kabin mobil

Aroma atau bau tak sedap di mobil juga bisa memicu timbulnya rasa mual dan berujung pada mabuk perjalanan.Untuk mencegahnya, Anda bisa gunakan aroma terapi. Sebaiknya gunakan bahan- bahan alami, seperti potongan jeruk nipis, daun sereh, serta kopi bubuk.

10. Istirahat setelah 3-4 jam perjalanan

Agar bisa menghirup udara segar dan melemaskan otot-otot yang kaku, sebaiknya beristirahat setelah menempuh perjalanan 3-4 jam. Pasalnya, asupan oksigen segar ke jantung yang dibawa oleh darah akan memicu rasa mual atau pusing.
(ddn/gik)
sumber : http://us.surabaya.detik.com

This entry was posted in Berita, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *