PENGUSAHA PANTAU BUS LEWAT KOMPUTER

TRIBUNNEWS.COM, BANJAR – Penerapan teknologi digunakan oleh para pengusaha bus untuk memantau kendaraan mereka. Teknologi Geo Positioning System misalnya, yang memberikan keuntungan bagi para pengusaha untuk mengetahui gerak-gerik setiap sopir yang membawa kendaraan.

Tidak hanya posisi kendaraan bus yang terpantau, jumlah penumpang di dalam kendaraan juga bisa dilihat langsung dari meja kerja pengusaha angkutan bus. Di Banjar, Roni AB Karno menerapkan sistem GPS ini pada 10 bus Gapuraning Rahayu miliknya. Hasilnya setiap hari ia tidak perlu mengontak sopir busnya untuk mengetahui dimana posisi bus. Cukup melihat layar LCD komputer maka ia langsung terhubung dengan bus dimanapun ia berada.

Dengan sistem GPS ini juga ia bisa mengetahui gaya sopir menjalankan bus karena kecepatannya tercatat setiap detik dan menitnya. Software terbaru yang bisa memantau jumlah penumpang di setiap kursi juga memaksimalkan pengawasan di setiap busnya.
Untuk manajemen pengawasan, ia percayakan kepada adiknya Rizki Karno. Setiap hari Rizki yang selalu memantau pergerakan bus-bus.

“Termasuk kalau mesin mati kita akan mengetahui karena di layar komputer akan ketahuan dan tertulis engine off. Kita bisa lihat posisi bus, jika bukan di pool tempat beristirahat atau pom bensin maka akan segera kita kontak untuk mengetahui alasan kenapa mesin mati apakah mogok atau terjadi hal lain,” ujarnya, Kamis (25/8) di Pool Gapuraning Rahayu Ciamis.

Ia mengatakan bahwa untuk pengoperasian sistem tersebut ia bekerja sama dengan Indo GPS, dan membayar Rp 250 ribu per bulan.(*)
sumber: http://tribunnews.com

This entry was posted in Berita, Momo Man Banta. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *