BUPATI SIMALUNGUN TERIMA PENGHARGAAN PERTANIAN DARI PRESIDEN

Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM menerima penghargaan P2BN (Pening­katan Produksi Beras Nasio­nal) 2010 dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang diserahkan Menteri Per­tanian Suswono, di Jakarta.
Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan Kabupaten Simalungun meningkatkan produksi beras untuk pencapaian P2BN 2010 di atas  5 persen.

“Alhamudulillah, Kabu­pa­ten Simalungun berhasil meningkatkan produksi beras lebih dari 5 persen. Piagam penghargaan tersebut  diserahkan melalui Menteri Perta­nian,” kata  Kepala Dinas Per­tanian dan Hortikultura Si­malungun Amran Sinaga ke­pada Jurnal Medan di ruang kerjanya, Selasa (23/8).

Untuk seluruh Indonesia, yang mendapat penghargaan peningkatan 5 persen atau Surplus Beras 2010 dari SBY sebanyak 162 kabupaten/ko­ta. “Dari Sumut ada delapan kabupaten/kota. Yakni Sima­lungun, Langkat, Asahan, Ba­tubara, Labuhanbatu, Karo, Kota Sidimpuan dan Hum­bang Hasundutan,” kata Si­na­ga.

Simalungun meningkat­kan produksi padi sebanyak 453.647 ton atau setara 286. 705 ton beras. Jika dibandingkan dengan tahun 2009,  Kabupaten Simalungun surplus beras 134.156 ton atau naik 5,77 persen.

Tentu saja penghargaan yang diberikan Persiden SBY kepada Bupati Simalungun mendapat apresiasi positif dari Ketua Koperasi Perhim­punan Masyarakat Kelompok Tani (K-PMKT)  Hemedi Pur­ba.

Dia berharap, persoalan pertanian padi Simalungun harus benar-benar mendapat perhatian serius dari pemerintah. “Jadi tidak semata hanya mengejar target surplus. Yang lebih penting dari semua itu adalah mejamin harga jual gabah petani tidak anjlok pada saat panen raya dan kemudahan mendapatkan pendistribusian pupuk bersubsidi dengan harga eceran tertinggi (HET) pemerintah,” pungkasnya.
sumber: http://medan.jurnas.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *