21. BERASTAGI

Berastagi adalah salah satu kota wisata di Kabupaten karo yang sudah dikenal tidak hanya untuk wisatawan domestik tapi juga wisatawan manca negara sejak jaman penjajahan Belanda yang berjarak lebih kutan 66 km arah barat daya kota Medan yang dapat ditempun dengan kenderaan umum maupun pribadi selama 2 jam perjalanan dalam kondisi lalu lintas normal atau tidak padat, yang terletak di ketinggian sekitar 4.594 kaki dari permukaan laut dan dikelilingi barisan gunung-gunung, memiliki udara yang sejuk dari hamparan perladangan pertaniannya yang indah, luas, hijau. Berastagi merupakan daerah tujuan wisata yang memiliki fasilitas lengkap di Kabupaten Karo, seperti hotel berbintang, restotran, golf dan lain-lain sampai kepada hotel yang tarifnya relatif dapat terjangkau.Gunung Sibayak dapat dilihat dengan jelas dari kota Berastagi yang berlokasi disebelah utara kota tersebut. Oleh karena udaranya yang sejuk dingin maka pada hari libur banyak dikunjungi oleh para wisatawan, mengingat jaraknya dari kota Medan tidak terlalu jauh. Di Berastagi banyak fasilitas hotel dari berbagai macam kelas mulai dari kelas melati sampai kelas berbintang. Bagi mereka yang hobi makan pada malam hari terdapat pasar kaget yang menjual bebagai makanan nasional maupun khas Batak Karo disepanjang jalan Veteran, yang membelah kota tersebut menjadi sisi barat dan timur. Berastagi juga dikenal dengan julukan kota “Markisa”.Selain buah-buahan markisa, Berastagi juga terkenal sebagai penghasil berbagai jenis sayur-sayuran, buah-buahan dan bunga-bunga, di kota wisata Berastagi dilaksanakan beberapa peristiwa pariwisata penting antara lain “Pesta Buah” atau festival buah dan festival kebudayaan “Pesta Mejuah-juah” yang diadakan setiap tahun. Tanah Karo juga memiliki tradisi yang telah turun temurun dilakukan yaitu “Kerja Tahun” yang diselenggarakan setiap tahun oleh orang-orang Karo yang tinggal di daerah tersebut ataupun yang sudah merantau datang kembali ke perkampungan yang memiliki hubungan keluarga untuk saling berkunjung dan bersilaturahmi.Bagi mereka yang ingin mengetahui sejarah perjuangan Bung Karno, dapat juga berkujung ke monumennya di Berastagi, dimana pihak Belanda pernah mengucilkan Bung Karno di Berastagi, rumah tempat menginap tersebut sampai saat ini terawat dengan baik serta telah di lengkapi dengan patung proklamator Bung Karno.Di Berastagi juga terdapat Mikie Holiday  sebuah resort dengan fasilitas theme park terletak di desa Peceren atau sekitar  64 km dari kota Medan yang terletak disisi kanan sebelum mencapai pusat jantung kota Berastagi yang juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena resort tersebut memiliki fasilitas hiburan antara lain arena bermain bagi anak-anak, restoran dan lain sebagainya yang cukup menarik untuk dinikmati bersama kelkeluargakeluarga.

This entry was posted in Informasi Objek Wisata Karo. Bookmark the permalink.

10 Responses to 21. BERASTAGI

  1. There is clearly a lot to realize about this. I consider you made some nice points in features also.

  2. Just a smiling visitor here to share the love (:, btw great style. “Individuals may form communities, but it is institutions alone that can create a nation.” by Benjamin Disraeli.

  3. I haven’t checked in here for some time since I thought it was getting boring, but the last several posts are good quality so I guess I’ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend 🙂

  4. I believe this web site holds very great pent written content blog posts.

  5. I truly enjoy reading through on this site, it contains superb blog posts. “A short saying oft contains much wisdom.” by Sophocles.

  6. You have mentioned very interesting points! ps nice website.

  7. Some truly superb content on this website , thanks for contribution.

  8. I like this site because so much useful stuff on here.

  9. wonderfull page, I surprisingly benefited from glossing over it, keep up the good writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *