20. TAHURA

Taman Hutan  Raya Bukit Barisan atau Tahura terletak di desa Tongkeh Kabupaten Karo yang merupakan lintasan jalan raya antara Kota Medan dan Kota Berastagi yang berjarak sekitar 61 km arah Barat daya kota Medan , banyak dikunjungi wisatawan umumnya pada hari libur untuk menikmati alam hutan yang masih hijau dan sejuk. Tahura berintikan kawasan hutan lindung dan kawasan konservasi denga luas seluruhnya 51.600 Ha yang sebagian besar merupakan hutan lindung berupa hutan alam pegunungan yang ditetapkan sejak jaman Belanda, meliputi Hutan Lindung Sibayak I dan Simancik I, Hutan Lindung Sibayak II dan Simancik II serta bagian lain kawasan Tahura ini terdiri dari Taman Wisata Sibolangit, Langkat Selatan, Lau Debuk-debuk dan Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit.

Kawasan hutan Tahura didominasi oleh jenis-jenis pohon pegunungan baik jenis lokal maupun yang berasal dari luar. Beberapa jenis tersebut antara lain : Pinus Merkusii, Altingia exelsa, Schima wallichii, Podocarpus sp, Toona surei dan jenis yang lain seperti Durian, Dadap, Rambutan, Pulai, Aren, Rotan dan jenis tanaman yang berasal dari luar diantaranya : Pinus caribeae, pinus khasia, Pinus insularis, Eucalyptus sp, Agathis sp, dan lain sebagainya.

Beberapa fauna yang hidup di kawasan ini antara lain : monyet, harimau, siamang, babi hutan, ular, elang, kecil, rusa, treggiling, dan lain-lain.Di Tongkeh telah tersedia fasilitas penginapan, ruangan primer, perpustakaan, restoran, panggung budaya, juga aktrasi tunggang gajah dan bagi mereka yang ingin bersafari dapat memanfaatkan gajah tersebut, serta sarana karantina satwa. Selain untuk wisata , lokasi Tongkeh juga cocok untuk kegiatan penelitian,  olah raga misalnya Lintas Wisata Alam dan sebagainya.

This entry was posted in Informasi Objek Wisata Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to 20. TAHURA

  1. Alden Rabbe says:

    Who did you pay to do your blog? Its really nicely designed I bet that is why you get so much traffic!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *