10. TAMAN WISATA ALAM SIBOLANGIT

Taman Wisata Alam Sibolangit ( Cagar Alam Sibolangit ) atau Kawasan Konservasi Sibolangit memiliki area seluas 24,85 ha dengan ketinggian 475 – 525 m di atas permukaan air laut berlokasi di desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli serdang yang memiliki tofografi yang berbukit – bukit yang memiliki pemandangan alam yang cukup indah dan berhawa sejuk yang terletak dilereng pegunungan Bukit Barisan yang berjarak lebih kurang 10 Km dari Desa Sembahe atau sekitar 35 Km dari kota Medan atau sekitar  40 menit dengan kenderaan dan dalam situasi lalu lintas nomal terdapat disebelah kiri Taman Wisata Alam Sibolangit, Pada hari libur banyak wisatawan yang berrekreasi didaerah tersebut yang udaranya lebih sejuk apabila di bandingkan dengan udara di desa Sembahe.

Cagar alam yang dahulu diberi nama Kabun Raya Sibolangit ini telah dibangun, dikelola dan dipelihara dengan baik sejak zaman Belanda pada tahun 1914 oleh JA. Lorzing dan atas prakarsa Dr. JC Koningsberger sebagai cabang Kebun Raya Bogor. Taman hutan wisata sebelumnya adalah kebun botani (tumbuh-tumbuhan) dan dalam taman tersebut banyak ditemukan berbagai macam tanaman hutan botani antara lain : Pinus Merkusii, Altingia exelsa, Schima wallichii, Podocarpus sp, Toona surei dan jenis yang lain seperti Durian, Dadap, Rambutan, Pulai, Aren, Rotan dan lain sebagainya.

Memiliki udara sejuk dan keistimewaan tersendiri yaitu perpaduan antara cuaca panas dan cuaca dingin. Jalan-jalan kecil antara jalan setapak merupakan lorong-lorong kecil antara pepohonan besar yang sangat menyenangkan di hutan hujan ini cocok untuk tempat pemberhentian sementara bagi turis sebelum melanjutkan perjalanan diantara pohon-pohon pakis raksasa dan pohon-pohon ditutupi lumut. Para ahli Botani dengan mudah dapat menemukan berbagai hal yang menarik dari tumbuh-tumbuhan langka yang banyak tumbuh di taman ini selain adanya berbagai macam jenis bunga-bunga liar.

 

This entry was posted in Informasi Objek Wisata Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *