LANGKAT NOMINATOR TERBAIK NASIONAL PENGELOLAAN IRIGASI

Stabat, (Analisa). Langkat satu-satunya kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, yang masuk dalam nominasi terbaik tingkat nasional bidang pengelolaan penggunaan air irigasi persawahan.
Hal itu dikemukakan Setdakab Langkat Drs Surya Djahisa di Stabat, Jumat (12/8). Menurutnya, kelompok tani yang menjadi nominator yakni, Kelompok Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Tri Tani Jaya Kecamatan Tanjung Pura.

Kelompok tani itu, mewakili Provinsi Sumatera Utara dalam ajang perlombaan tingkat nasional tahun 2011 di Yogyakarta. Direncanakan, tim juri pusat dalam waktu dekat akan meninjau ke lokasi.

Surya berharap seluruh SKPD terkait, agar berkoordinasi penuh untuk mendukung kelompok GP3A Tri Tani Jaya agar Tim Juri pusat tidak merasa kecewa atas hasil kunjungan survei lapangannya, mengingat hal ini dapat membawa nama baik Langkat di tingkat nasional sebagai bukti Bumi Langkat berseri sarat prestasi yang nyata bukan direkayasa.

Kadis Pertanian Basrah menjelaskan, sebelumnya untuk sistem irigasi dikembangkan di wilayah Langkat Hulu, namun sejak program nasional Agro Marine Politan dilakukan dan dikembangkan di Kecamatan Tanjung Pura yang mengairi areal seluas 427 hektar lahan persawahan. Jika dibanding dengan beberapa daerah lain di Indonesia, kelompok GP3A Tri Tani Jaya yang berada di Kecamatan Tanjung Pura mampu meningkatkan produksi beras dengan biaya irigasi yang jauh lebih murah. Hal ini yang menjadi salah satu perhatian tim juri pusat untuk melakukan peninjauan langsung ke lapangan.(als)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *