REALISASI KUR AKHIR TAHUN CAPAI RP23 TRILIUN

Jakarta ( Berita ) :  Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarief Hasan memperkirakan realisasi penyerapan kredit usaha rakyat (KUR) 2011 hingga akhir tahun bisa mencapai sekitar Rp23 triliun. “Sekitar kurang lebih, kalau sampai sekarang ini kira-kira bisa sampai Rp23 triliunan, mungkin, yang pasti lewat (dari target sebesar Rp20 triliun),” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis [11/08] malam.

Ia optimistis realisasi tersebut melebihi target Rp20 triliun, karena hingga minggu pertama Agustus 2011 penyerapan mencapai Rp17,5 triliun dengan jumlah debitur mencapai 4,5-5 juta. “Pastilah tercapai dan ini mau kita tambah. Sedang kita jadwalkan. Pokoknya begitu ada ‘improvement’, ada perbaikan dan kalau kita lihat perbaikan ini terlihat dari penyerapannya,” ujar Syarief.

Menurut dia, dengan target yang terlampaui pada 2011, pemerintah akan menambah alokasi KUR hingga mencapai Rp25 triliun pada 2012. “Penambahan mungkin tahun depan. Kalau sekarang masih Rp20 triliun, tetapi kalau melewati target, ya Alhamdulillah, karena pasti lewat,” ujarnya.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa sebelumnya mengatakan pagu KUR akan dinaikkan sebesar 25 persen dari target penyaluran sebesar Rp20 triliun pada 2011 atau menjadi sekitar Rp25 triliun.

“Bapak Presiden minta untuk dipikirkan menambah jumlah KUR, mengingat karena program ini berhasil memberikan bantuan kepada masyarakat yang tidak mempunyai agunan. Kira-kira naiknya 25 persen, karena penyerapan dalam enam bulan sudah melampaui setengahnya,” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta kepada sektor perbankan nasional untuk mempermudah pencairan KUR karena selama ini pemerintah telah menjamin para debitur.

“Jangan sampai perbankan mempersulit dengan meminta jaminan, karena itu memang tanpa jaminan dan diperuntukkan bagi mereka yang tidak punya agunan,” ujar Hatta.

Hatta menuturkan, pemerintah sudah menunjuk lima kementerian untuk memantau penerima KUR di antaranya Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Riset dan Teknologi serta Kementerian Pertanian. (ant )
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

2 Responses to REALISASI KUR AKHIR TAHUN CAPAI RP23 TRILIUN

  1. My brother recommended I might like this website. He was entirely right. This post truly made my day. You cann’t imagine simply how much time I had spent for this information! Thanks!

  2. Sweet web site , super design , very clean and utilise friendly .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *