PUPUK RAMAH LINGKUNGAN SOLUSI KESEJAHTERAAN PETANI

MedanBisnis – Medan. Penggunaan pupuk organik tidak hanya dapat menyuburkan tanah dan produksi yang berkualitas, namun juga merupakan solusi meningkatkan kesejahteraan petani. Sebab, dengan menggunakan pupuk organik dapat menghemat biaya hingga 50%, ketimbang menggunakan pupuk kimia yang harganya sangat mahal.
Distributor Pupuk Ramah Lingkungan (Ramling), T Wijaya mengatakan, pupuk Ramling yang berasal dari bahan organik ini sebagai solusi petani dalam peningkatan produksi, menyuburkan tanah dan kesejahteraan.

“Penggunaan Ramling ini menjadikan tanaman menjadi subur dengan hasil buah menjadi bagus dan juga terhindar dari serangan hama dan penyakit sehingga tidak perlu mengeluarkan lagi biaya membeli obat pestisida,” ujarnya kepada MedanBisnis di stan pameran Ramadhan Expo 2 Tanjung Morawa Deliserdang, Kamis (11/8).

Dikatakannya, pupuk Ramling sudah banyak digunakan petani bukan saja pada tanaman pangan dan hortikultura, namun juga untuk komoditas perkebunan seperti kelapa sawit dan karet.

Pupuk Ramling merupakan pupuk cair yang memiliki komposisi N sebanyak 3%, P 0,50% dan unsur K sebanyak 2% ditambah mikroorganisme. “Pupuk bisa digunakan untuk semua jenis tanaman dari sayuran, pangan dan palawija serta tanaman perkebunan,” jelasnya.

Dalam satu liter pupuk ini, ditambahkan Wijaya, dapat digunakan untuk dua rante padi sampai panen. Ini berarti bisa menghemat 50% penggunaan pupuk kimia, pestisida dan hasil produksi meningkat.

“Pupuk ini memiliki kegunaan positif bagi tanaman karena dapat merangsang tumbuhnya daun dan meningkatkan jumlah daun serta tunas,” ungkapnya.

Kemudian juga dapat merangsang pembungaan sehingga buah yang dihasilkan menjadi besar, menggemburkan tanah dan dapat menyediakan hara bagi tanaman. Pupuk ini juga dapat memperpanjang umur  tanaman dan produksi serta juga mengusir organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti hama kutu kebul.

Amin, petani melon yang menggunakan pupuk Ramling mengatakan, setelah memakai pupuk ini selama dua tahun ia merasakan dampak positif bagi tanaman melon yang ia tanam di lahan seluas dua hektare.

“Serangan hama kutu kebol yang menakutkan bisa dicegah penyebarannya dengan pupuk Ramling. Bahkan penggunaan pupuk kimia yang biasanya selalu digunakan dapat berkurang 30%,” akunya.

Sama halnya dengan Abidin petani terung ungu. Menurutnya, penggunaan pupuk organik ini selain bisa menghasilkan produksi yang berkualitas, tanaman terbebas dari serangan hama dan penyakit yang sebelumnya sulit dikendalikan dengan perlakuan tanah dan drainase.

“Pupuk Ramling ini juga bisa digunakan untuk semua jenis tanaman agar produksi yang dihasilkan semakin besar dan terhindar dari serangan hama serta penyakit. Dan yang tak kalah penting, dengan menggunakan pupuk ini petani telah bisa berhemat hingga 50% untuk biaya perawatan tanaman,” katanya. (yuni naibaho)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Teknologi Tepat Guna, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

2 Responses to PUPUK RAMAH LINGKUNGAN SOLUSI KESEJAHTERAAN PETANI

  1. I think this is among the most significant info for me. And i am glad reading your article. But should remark on some general things, The site style is wonderful, the articles is really nice : D. Good job, cheers

  2. You have brought up a very good details throughout PUPUK RAMAH LINGKUNGAN SOLUSI KESEJAHTERAAN PETANI | Bus Sinabung Jaya regards for the post. All the best ! Easy Web Site Builder 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *