KOPI LUWAK HUMBAHAS DIMINATI DI MALAYSIA

MedanBisnis – Doloksanggul. Kopi luwak asal Kabupaten Humbang Hasundutan (Hubahas) banyak diminati masyarakat di negara jiran Malaysia. Ini terbukti, pada pameran The 12th Malaysia International food and Beverage Trade Fair yang dilaksanakan tiga hari berturut-turut sejak tanggal 13 Juli lalu di Putra World Trade Centre (PTWC) Kuala Lumpur, jenis kopi ini mendapat perhatian pengunjung.
Pada pameran yang diikuti 25 negara tersebut, pihak Malaysia memuji hasil perkebunan Indonesia yag di dalamnya termasuk kopi luwak dari Humbahas, yang diperkenalkan CV Kairos Bangun Humbang.

Hal tersebut diutarakan Direktur CV Kairos Bangun Humbang, Harapan Munte (47) kepada MedanBisnis di rumahnya di Jalan Siliwangi, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, Selasa (9/8), sekembali dari negara jiran dalam rangka mengikuti pameran The 12th Malaysia International Food and Beverage Trade Fair di Kuala Lumpur Malaysia.

“Pemerintah Malaysia melalui Menteri Pertanian Malaysia, Said Datuk Dr Abdul Shukor Bin Abdul Rahman mengakui aroma khas kopi luwak yang dibawa dari Indonesia, khususnya dari Humbahas sangat bagus,” jelas Harapan.

Menurut Harapan, kepulangannya dari pameran tersebut membawa hasil kegembiraan karena semua produk kopi luwak berlabel Humbang Mas laku terjual sehingga pemerintah Malaysia berkeinginan untuk melakukan kerjasama dengan pemerintah Indonesia atas produk kopi luwak.

Harapan Munte mengisahkan, ia merasa gugup atas pertunjukkan pameran di Negara Malaysia itu. Rasa kegugupannya diliputi kegalauan, apakah produk kopi luwak Humbang Mas ini digemari dalam pameran yang diikuti 25 negara tersebut?

“Namun, dengan rasa yakin dan percaya pada pameran itu kopi luwak Humbang Mas yang kita promosikan mendapat sambutan yang sangat bagus. Bahkan rombongan pemerintah Malaysia yang hadir dalam pameran itu benar-benar mencicipi dan merasakan kenikmatann kopi luwak yang kami bawa. Mereka juga memuji kenikmatan kopi luwak kita, dan seluruh produk yang kita bawa habis terjual,” kata Harapan penuh semangat.

Menurutnya, pengusaha Malaysia berjanji akan menjalin kerja sama dengan pihak Indonesia untuk mengimpor kopi luwak Humbang Mas di negaranya.

“Saya merasa sangat puas atas pameran tersebut, karena ternyata kopi hasil tanaman masyarakat Humbang Hasundutan banyak diminati masyarakat Negara tetangga kita,” ujarnya.

Ditempat terpisah salah seorang anggota DPRD Humbahas, Chandra Maulae juga merasa bangga atas kinerja dan perjuangan Harapan Munte yang memperkenalkan hasil kebun kopi masyarakat Humbahas di Negara Malaysia melalui pameran The 12th Malaysia International food and Beverage Trade Fair tersebut.

“Masyarakat Humbahas pantas mengucapkan terima kasih kepada saudara Harapan Munte sebagai Direktur CV Kairos Bangun Humbang atas keberhasilannya memperkenalkan produk perkebunan kopi Humbahas ke luar negeri. Kita juga harus mengapresiasi kesiapan CV Kairos Bangun Humbang dalam membawa ataupun mempromosikan produk unggulan daerah Humbahas ini,” ungkap Chandra mengakhiri pembicaraan. (ck 01)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *