ISO 9001:2008 UPAYA MENGHAMBAT MASYARAKAT AGAR TIDAK LAGI BEROBAT KE LUAR NEGERI

Medan, (Analisa). Program ISO 9001:2008 dibuat sebagai kepedulian Dinkes Pemprovsu untuk lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat serta berupaya menghambat masyarakat agar tidak lagi berobat ke luar negeri.
Demikian dikatakan pimpinan Adhitama Consulting, Yosep Sembiring Colia didampingi stafnya, Trees Wawolangi kepada Analisa, Jumat (5/8) di Medan. Ia menambahkan, pembimbingan dilakukan untuk memenuhi persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang bertujuan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan lebih menekankan kepada kepuasan pelanggan, terutama kepuasan saat berobat di puskesmas yang sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.

Program yang bersumber dari APBD Pemprovsu tersebut digelar oleh Dinkes Pemprovsu dibawah naungan Kadis Kesehatan Sumut, dr. Chandra Syafei, SpOG. Pada tahap awal, program sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 itu dilaksanakan di Puskesmas Glugur Darat, Medan, Puskesmas Pariwisata Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai, Puskesmas Satria Kota Tebing Tinggi, Puskesmas Sidodadi Kabupaten Asahan dan Puskesmas Sambas Kota Sibolga serta Puskesmas Panyabungan Jae Kabupaten Mandailing Natal.

Lulus audit

Keenam Puskesmas tersebut telah lulus dalam audit sertifikasi yang dilakukan Badan Sertifikasi International dan telah berhasil meraih Sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada tahun 2010, yang terakreditasi oleh UKAS (United Kingdom Accreditation Service).

Secara simbolis telah dilakukan penyerahan sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di halaman kompleks kantor Bupati Sergai yang dihadiri langsung Bupati Sergai, Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si dan Sekda Sergai, Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Kadis Kesehatan Sergai drg. Zaniyar, M.AP. Selanjutnya, pada Selasa kemarin bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kota Medan juga dilakukan penyerahan Sertifitakat oleh Konsultan didampingi Dinas Kesehatan Sumut dan diterima langsung Walikota Medan, Drs. H. Rahudman Harahap, MM.

Program itu dibuat di beberapa Kota dan Kabupaten di Sumatera Utara, untuk dapat merangsang kinerja dan pelayanan khususnya di jajaran Dinas Kesehatan terutama dilingkup Puskesmas agar dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tandasnya.

Sementara itu, Trees Wawolangi selaku Konsultan menambahkan, pihaknya selaku konsultan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 telah selesai melakukan pembimbingan dalam penyusunan dan penerapan sistem tersebut di beberapa Puskesmas yang berada di Sumut.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh Dinas Kesehatan Kota maupun Kabupaten beserta Puskesmas yang telah mendapatkan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 agar mempertahankannya dan menerapkan serta meningkatkan kepuasan pelayanan pada masyarakat. Untuk dapat menjamin agar Sistem Manajemen Mutu yang dibangun dapat terus dilaksanakan secara konsisten dan lebih ditingkatkan maka wajib dilaksanakan pemantauan (surveillance) secara berkala. (rel/iqb)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *