TANAMAN KOL COCOK DIKEMBANGKAN DI MAGA DOLOK

MedanBisnis – Panyabungan. Kawasan Desa Maga Dolok Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang berhawa dingin, dinilai sangat cocok untuk mengembangkan tanaman kol serta sejumlah tanaman holtikultura lainnya. Apalagi tanah di daerah ini juga masih sangat subur.
“Selama ini masyarakat di Madina banyak memasok sayur mayur seperti kol dan lainnya dari daerah luar utamanya dari Tanah Karo, padahal tanaman sayuran itu sebenarnya juga bisa dikembangkan di daerah ini seperti di Maga Dolok karena hawanya yang dingin dan tanahnya masih sangat subur,” kata Khoirul Lubis, salah seorang pengamat pertanian kepada MedanBisnis, Kamis (4/8).

Khorul mengaku, ketika dirinya meninjau lokasi kebun masyarakat di Desa Maga Dolok merasa takjub akan kesuburan tanaman kol di daeah itu, padahal masyarakat belum melakukan perawatan secara intensif. “Berdasar pengakuan para petani yang menanamnya, perawatan yang dilakukan masih sangat tradisional, tetapi saya lihat buah kol yang dihasilkan besar-besar. Ini kemungkinan akibat unsur hara dalam tanah dan dipengaruhi cuaca di daerah ini yang berhawa dingin karena berada pada dataran tinggi,” katanya.

Sementara masyarakat di Madina utamanya di Maga Dolok yang bertanam kol juga masih sangat sedikit. Padahal jika masyarakat di daerah ini mau mengembangkan tanaman ini prospek pasarnya akan terbuka lebar. “Karena saat ini produksinya masih sangat sedikit, maka petani yang bertanam kol hanya memasarkan hasil panennya di wilayah kecamatannya saja dan belum sampai dikirim hingga ke Panyabungan apalagi ke daerah lain,” katanya. (zamharir rangkuti)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *