ROBUSTA MEROSOT

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Meningkatnya ekspor kopi Arabica ini, ternyata tidak diikuti ekspor kopi Robusta asal Sumut yang terus merosot tajam. Berdasarkan Surat Keterangan Asal (SKA) yang dikeluarkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut, ekspor Robusta Juni 2011 turun lagi menjadi 2,7 ribu ton dengan nilai ekspor mencapai 5,8 juta dolar AS. Sementara pada tahun 2010, volumenya sempat mencapai 6,6 ribu ton dengan nilai mencapai 9,2 juta dolar AS.

Industri Kopi AEKI Sumatera Utara juga menyambut positif wacana pemerintah untuk mengembangkan industri kopi di Sumut. Wakil Ketua Bidang Specialty dan Industri Kopi AEKI Sumut, Saidul Alam mengatakan, pemerintah memang sudah seharusnya mendorong pengolahan kopi di dalam negeri dengan memberikan insentif dan berbagai kemudahan.

“Industri hilir kopi memang harus ditingkatkan, karena prospek pengembangan kopi di Sumut masih bagus termasuk produk-produk turunannya,” ujarnya.

Terkait intensif dan kemudahan yang akan diberikan pemerintah, menurutnya, memang salah satu usaha yang dilakukan AEKI untuk bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian. Hal ini dipastikan mampu membangkitkan industri perkopian nasional.(ers)
sumber : http://medan.tribunnews.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

2 Responses to ROBUSTA MEROSOT

  1. Pingback: best place to stay in phuket thailand

  2. Pingback: buy marijuana online Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *