BPKP AUDIT DUGAAN KORUPSI RAHUDMAN

TRIBUN-MEDAN.com,  MEDAN – Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Sumatera Utara (BPKP Sumut) akhirnya melakukan audit atas dugaan korupsi dana APBD Kabupaten Tapanuli Selatan senilai kurang lebih  Rp 13,8 miliar dengan tersangka wali kota Medan, Rahudman Harahap. Audit ini merupakan tindak lanjut dari  permintaan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yang bertujuan untuk mengetahui nilai kerugian sebenarnya yang dilakukan oleh Rahudman Harahap saat menjabat sebagai Sekretaris Daerah Pemkab Tapsel.

Humas BPKP Sumut, Riri Adda Sari, saat dikonfirmasi Tribun Medan mengatakan, sampai saat ini pihaknya sudah melakukan penghitungan kerugian negara terkait dugaan korupsi tersebut. “Selain adanya permintaan audit dari Kejati Sumut, audit juga dilakukan sebagai tindak lanjut dari temuan dugaan korupsi sebelumnya senilai Rp1,5 miliar yang diduga juga melibatkan Rahudman Harahap,” ujar Riri di Medan, Selasa (26/7).

Menurutnya saat ini tim audit masih bekerja mengumpulkan data-data yang  dibutuhkan dan jika sudah selesai, hasilnya akan diserahkan ke kejaksaan. “Kalau hasil audit Rp 13,8 miliar sudah selesai, maka akan segera diserahkan ke kejaksaan untuk proses hukum lebih lanjut,” ujarnya.

Kepala Kejati Sumut, AK Basuni Masyarif beberapa waktu lalu mengatakan faktor penghambat pengusutan korupsi Pemkab Tapsel karena belum ada hasil audit dari BPKP.

Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sumut, Mansyur mengatakan, tim penyidik kasus dugaan korupsi dana APBD Pemkab Tapsel dengan tersangka Rahudman Harahap akan kembali menggelar ekspos dengan Kejagung. Ekspos akan berlangsung hari ini (27/7). Ekspos sebelumnya berlangsung tanggal 27 Januari 2011 dan ekspos kedua tanggal 12 Mei 2011.
Kasus ini terkuak setelah mantan Bupati Tapsel, Saleh Harahap  mengadukan kasusnya ke Kejari Padangsidimpuan. Namun karena tidak ada perkembangan, maka kasusnya diambil alih oleh Polda Sumut. Dari hasil penyidikan ditemukan bahwa korupsi itu dilakukan secara bersama sama antara Rahudman Harahap dan mantan Bendahara Pemkab Tapsel, Amri Tambunan.(rif) Selengkapnya baca edisi cetak halaman 9 hari ini.
sumber : http://medan.tribunnews.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *