BANK SUMUT RAIH REKOR BISNIS KREDIT USAHA MIKRO

MEDAN (Waspada): Inovasi produk yang dilakukan PT Bank Sumut melalui kredit khusus untuk kaum perempuan marginal dengan mengadopsi pola Grameen Bank  tidak siasia. TERA Foundation bekerjasama dengan Harian Seputar Indonesia menganugerahi Rekor Bisnis Indonesia (ReBi) kepada Bank Sumut sebagai bank  umum pertama di Indonesia yang menyalurkan kredit usaha mikro tanpa agunan bagi kaum perempuan marginal prasejahtera dengan pola Gremeen Bank.

Penghargaan diberikan, Kamis (21/7) malam, di Hotel Mulia, Jakarta. Selain Bank Sumut, Rekor Bisnis Indonesia juga diberikan kepada 15 perusahaan lainnya  antara lain PT Bank Negara Indonesia (BNI), PT Bank Syariah Bukopin, PT Sogood Food, PT Nutrifood Indonesia, PT Baba Rafi Indonesia, PT Nico Ceramic,  PT Sari Agrotama, PT Blue Gas Indonesia, PT Datascript dan PT Danascrip. Masingmasing perusahaan meraih ReB  di sektor bisnisnya yang dinilai inovatif dan  unggul.

Salah satu juri ReBi Handi Irawan mengatakan, keenambelas perusahaan itu berhasil meraih penghargaan setelah menyisihkan perusahaan lain dalam proses seleksi  yang cukup ketat. “Pengakuan Rekor Bisnis diberikan kepada perusahaan yang memiliki kriteria klaim rekor yang relevan dengan bidang bisnis, mempunyai  keunggulan yang superior serta keunggulan inovatif dan orisinal. Hambatan pencapaian prestasi yang paling umum terjadi adalah karena masih banyak perusahaan  yang kehilangan semangat dalam berinovasi,” katanya.

Dirut Bank Sumut Gus Irawan mengungkapkan, program yang dilakukan melalui Skim Kredit Sumut Sejahtera semata bertujuan memberdayakan kaum perempuan  marginal yang turut berkontribusi bagi kesejahteraan keluarga. Gus mengaku tak pernah berharap diberi penghargaan, namun merasa haru dan bangga menerima  pengakuan atas prestasi yang diraih perusahaannya.

“Penghargaan Rekor Bisnis yang diraih Bank Sumut ini adalah kemenangan bagi masyarakat Sumatera Utara, karena Bank Sumut adalah banknya orang Sumut. Ini  penghargaan luar biasa, karena dari seluruh perusahaan yang beroperasi di Indonesia hanya terpilih 16 perusahaan, 3 perusahaan bidang perbankan dari 120 Bank dan  salah satunya Bank Sumut. Baru Bank Sumut yang pernah meraih ReBi ini dari 26 BPD di Indonesia,” katanya terharu.

Program kredit tanpa agunan khusus bagi kaum perempuan prasejahtera berpola Grameen Bank itu dirintis Bank Sumut pertama kali pada 2008 di Nias pasca gempa  bumi yang meluluhlantakkan perekonomian masyarakat di pulau terluar pantai barat Sumatera Utara itu. Terpanggil untuk membangkitkan kembali moral dan  semangat masyarakat kecil di Nias yang ambruk akibat kehilangan mata pencaharian, Bank Sumut dengan dukungan tehnis dari Asian Development Bank kemudian  menerapkan kredit tanpa agunan yang khusus diperuntukkan bagi perempuan dari lapisan masyarakat prasejahtera. Dalam satu tahun berjalan, program pembiayaan  tersebut berhasil menumbuhkembangkan ribuan usaha mikro di sana.

Berhasil di Nias, Bank Sumut kemudian memperluas jangkauan program tersebut ke seluruh daerah di Sumatera Utara, agar masyarakat prasejahtera lainnya secara  merata mendapat kesempatan yang sama untuk mengakses pembiayaan tanpa agunan berplafon Rp500 ribu s/d Rp5 juta tersebut. Hingga kini sudah sekitar 40 ribu  perempuan pelaku usaha mikro yang mendapat akses pembiayaan dari Bank Sumut.

Inti keberhasilan Bank Sumut adalah mendobrak kebekuan akses pembiayaan bagi kaum perempuan marginal pelaku usaha mikro yang selama ini kurang mendapat  perhatian khusus oleh kalangan perbankan karena dianggap kurang bankable. Profil usaha mikro itu antara lain usaha rumah tangga seperti usaha kerajinan, makanan,  pakaian, pedagang eceran dan pedagang tradisional, yang sebagian besar pernah terjerat pinjaman dari rentenir. (m28)
sumber: http://waspadamedan.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to BANK SUMUT RAIH REKOR BISNIS KREDIT USAHA MIKRO

  1. Percy Nop says:

    Hello There. I found your blog using msn. This is a really well written article. I’ll be sure to bookmark it and come back to read more of your useful information. Thanks for the post. I will definitely comeback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *